nusabali

Polisi Bubarkan Balap Motor Pelajar

  • www.nusabali.com-polisi-bubarkan-balap-motor-pelajar

TABANAN, NusaBali
Polres Tabanan membubarkan aksi trek-trekan atau balap liar di Jalan Bypass Ir Soekarno, Tabanan, Minggu (19/9) subuh pukul 03.30 Wita.

Dalam penertiban itu, polisi mengamankan 10 pelajar berikut motor yang sudah dipreteli. Pelaku trek-trekan ini seluruhnya pelajar jenjang SMP dan SMA. Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Kanisius Franata menegaskan, penertiban balap liar tersebut dilakukan bersama oleh tim gabungan Unit Shabara dan Reskrim Polres Tabanan. Mereka diamankan saat tim sedang berpatroli. "Penertiban gabungan memang rutin kami gelar, kebetulan kawasan Bypass Ir Soekarno sering dijadikan tempat balapan liar," jelasnya.

Hasil dari penertiban tersebut, lanjut Kanisius, 10 orang beserta kendaraannya diamankan ke Mapolres. Mereka masih berstatus pelajar. Saaat diamankan, ada sejumlah pelaku trek-trekan berhasil kabur. "Minggu subuh itu seluruh yang terlibat kami bawa ke Polres Tabanan, ada yang memang masih kabur. Tidak banyak hanya beberapa," tegasnya.

Menurut AKP Kanisius, seluruh pelajar yang diamankan itu tidak sampai ditahan. Mereka sudah diberikan pembinaan dan diminta untuk menandatangani surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya kembali. "Mereka juga kami tilang. Karena sebagian besar kendaraan mereka sudah dipleteri," tegasnya.

Dia menegaskan aksi balapan liar ini akan terus dipantau. Apalagi di sepanjang Jalan Ir Soekarno sudah menjadi tempat langganan aksi balapan liar. "Kami akan atensi daerah-daerah rawan di sepanjang Jalan Bypasa Ir Soekarno. Petugas sudah jaga 24 jam di masing-masing pos," tandas AKP Franata. *des

Komentar