nusabali

Wabup Ipat Sarankan Mahasiswa Berorganisasi

  • www.nusabali.com-wabup-ipat-sarankan-mahasiswa-berorganisasi

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) menyarankan mahasiswa untuk aktif berorganisasi.

Menurut Wabup Ipat, dalam kehidupan kampus tidak cukup hanya berkutat dalam pendidikan akademis. Tetapi pengalaman organisasi sangat penting dalam dunia kerja nanti.


“Tidak cukup hanya belajar di ruang kuliah. Tapi organisasi akan memberikan pengalaman mengembangkan diri sekaligus memupuk jaringan. Hal ini terasa di dunia kerja nanti,” ucap Wabup Ipat saat membuka acara penguatan organisasi kemahasiswaan yang digelar pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Universitas Triatma Mulya Kampus Jembrana, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Sabtu (18/9).

Berkaca dari pengalaman pribadinya, Wabup Ipat mengatakan, mahasiswa yang hanya berkutat pada akademis saja belum tentu sukses berkiprah di dunia kerja. Seringkali yang non sarjana jauh lebih berhasil. Ini karena mereka belum pernah bekerja sama dengan orang lain sehingga tidak responsif akan permasalahan. “Karena itu harus seimbang. Ikut organisasi untuk menambah wawasan, kepekaan kita beradaptasi akan lingkungan sekitar,” ucap Wabup Ipat.

Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan  Pemuda Kemenpora RI Imam Gunawan yang hadir dalam acara tersebut, mengatakan mahasiswa harus memilih isu penting yang hendak diangkat. Diharapkan tema yang dipilih itu, mampu meningkatkan kontribusi organisasi dalam membangun Indonesia.

Menurut Imam Gunawan, salah satu tematik yang relevan diangkat organisasi di Universitas Triatma Mulya ini adalah entrepreneurship atau kewirausahaan. Terlebih di Universitas Triatma Mulya ini ada mata kuliah kewirausahaan.

“Mereka bisa menggarap value tiap kegiatan, mengasah kreativitas, serta kemampuan inovasi. Apabila terus diasah, mahasiswa akan memiliki keberanian mengambil risiko. Unsur-unsur baik inilah yang bisa didapat dalam berorganisasi, berfokus soal entrepreneurship,” ujarnya. *ode

Komentar