nusabali

Puspa, Wakil Bali di Parlemen Remaja 2021 Jadi Peserta Terbaik

  • www.nusabali.com-puspa-wakil-bali-di-parlemen-remaja-2021-jadi-peserta-terbaik

JAKARTA, NusaBali
Salah satu wakil Bali di Parlemen Remaja 2021 terpilih sebagai peserta terbaik. Predikat tersebut diraih pelajar SMAN 2 Abiansemal, Badung Ni Made Puspaningsih (Puspa).

Pengumuman dilakukan saat penutupan Parlemen Remaja yang berlangsung secara virtual oleh Humas DPR RI, Minarni, Jumat (17/9) pukul 14.00 WIB. "Peserta terbaik dipilih 5 orang. Dinilai dari keaktifan dan kemampuan berargumennya. Astungkara saya terpilih menjadi peserta terbaik," ujar Puspa kepada NusaBali, Jumat malam. Puspa bersyukur dan senang bisa meraih prestasi itu. Namun, dia tidak menampik ada rasa kaget juga. Pasalnya, seluruh peserta Parlemen Remaja memiliki potensi yang sangat baik. Berkat usaha yang dilakukan untuk mengikuti Parlemen Remaja seperti menjalani pembinaan secara intensif dari guru membuat anak kedua dari dua bersaudara ini tidak sia-sia melakukannya.

Padahal, lima hari sebelum mengikuti Parlemen Remaja, Puspa drop lantaran memiliki agenda padat. Selain mengikuti bimbingan untuk Parlemen Remaja, dia mengikuti lomba Rayakan Merdekamu yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Lalu mengikuti lomba pidato di Unwar Denpasar yang berbuah juara favorit. Selanjutnya Puspa mengikuti rapat-rapat untuk persiapan HUT sekolah, karena posisinya sebagai Ketua OSIS. Puspa pun segera memeriksakan diri ke dokter. Hasilnya, Puspa pulih kembali dan sukses mengikuti Parlemen Remaja.

"Intinya saya senang sekali mewakil Bali, sekaligus menjadi peserta terbaik dari 131 peserta," papar anak dari pasangan I Nyoman Oka Sujana dan Ni Nyoman Suartini ini. Bagi Puspa, kegiatan Parlemen Remaja sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Lantaran dikemas dengan segenap pengetahuan dan wawasan.

Panitianya pun keren-keren dan narasumbernya sangat informatif serta luar biasa sehingga dia memperoleh banyak pengalaman, pengetahuan, dan relasi. Sementara wakil Bali lainnya Putu Darmika Susilawati merasa senang pula atas keberhasilan Puspa menjadi peserta terbaik.

"Saya bangga juga, karena salah satu dari kami ada yang bisa membawa nama Bali sebagai peserta terbaik," ucap Putu Darmika Susilawati kepada NusaBali. Putu Darmika mengatakan, selain predikat peserta terbaik, Parlemen Remaja memberikan predikat peserta favorit pula. Namun perwakilan Bali tidak memperoleh itu.

"Yang mendapatkannya peserta dari Jawa Barat," imbuh Putu Darmika. Putu Darmika sendiri tidak meraih predikat apapun, tapi dia tetap bangga, karena telah menjadi salah satu peserta Parlemen Remaja. Sebab, tidak mudah untuk tembus sebagai peserta Parlemen Remaja. Dari ribuan orang yang mendaftar hanya 131 orang diterima. Lalu Putu Darmika dipercaya menjadi salah satu Ketua Kunjungan Kerja ke TVRI.

"Saya memang belum bisa menjadi salah satu dari lima peserta terbaik, tapi saya dan teman-teman yang lain sangat bangga bisa menjadi salah satu dari ribuan pendaftar Parlemen Remaja 2021. Saya juga senang bisa mendapatkan teman dari seluruh wilayah di Indonesia. Nantinya saya berharap bisa membangun relasi yang baik dan bermanfaat dengan mereka," terang Putu Darmika.

Pelajar dari SMAN 1 Bebandem, Kabupaten Karangasem ini mengaku, banyak pengalaman yang dipetik selama Parlemen Remaja. Antara lain, belajar public speaking. Kemudian punya perspektif baru tentang bagaimana keputusan diambil DPR RI.

Menurut anak dari pasangan I Nengah Sudariyana dan Ni Made Rening ini, banyak orang memiliki pandangan bahwa DPR RI mengambil keputusan tidak mementingkan rakyat. Padahal, apapun keputusan yang diambil DPR RI sepenuhnya untuk kepentingan rakyat dan sudah melalui pertimbangan dari beberapa aspek. Untuk itu, sebelum memberikan pandangan terhadap sesuatu hal, mereka perlu mengetahui data-data dan fakta yang terjadi di lapangan. *k22

Komentar