nusabali

BPBD Distribusikan 50.000 Liter Air di Dua Desa

  • www.nusabali.com-bpbd-distribusikan-50000-liter-air-di-dua-desa

AMLAPURA, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem mulai distribusikan air bersih kepada masyarakat yang kesulitan membeli air.

BPBD Karangasem telah empat kali distribusikan air bersih untuk dua desa yakni Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu dan Desa Nawakerti, Kecamatan Abang. Air yang didistribusikan untuk masyarakat di dua desa itu sebanyak 50.000 liter.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, distribusikan 10.000 liter air untuk 150 KK di Banjar Paleg, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (16/9). Sehari sebelumnya, menyalurkan 10.000 liter air untuk 150 KK dari beberapa banjar dinas di Desa Tianyar Timur. Target awal menyasar 250 KK. BPBD Karangasem bersinergi dengan relawan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Bali untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat kurang mampu. Akibat musim kemarau, cubang-cubang air milik masyarakat mulai kering.

Pada Minggu (10/9), BPBD menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 5.000 liter kepada 20 KK anggota Kelompok Tani Jabon di Banjar Bau Kangin, Desa Nawakerti, Kecamatan Abang. Bantuan 5.000 liter air juga didistribukan kepada 25 KK di Banjar Bau Kawan, Desa Nawakerti. Sementara bantuan air yang disalurkan pada Senin (6/9) di Desa Nawakerti untuk cubang Poskamling Bintak di Banjar Bau Kawan sebanyak 5.000 liter. Bantuan ini dimanfaatkan 25 KK. Sementara cubang Kelompok Kaba-Kaba di Banjar Bau Kaler diisi sebanyak 5.000 liter untuk 17 KK. “Kami menyalurkan bantuan air karena ada permintaan dari warga melalui kelian banjar diketahui perbekel dan camat. Setiap tahun BPBD bersama ACT rutin menyalurkan bantuan air kepada warga di pegunungan,” jelas Ida Ketut Arimbawa.

Perbekel Desa Nawakerti, I Wayan Putu membenarkan warganya mohon bantuan air karena cubangnya telah kering. “Kami mengapresiasi perhatian BPBD Karangasem yang tanggap atas permintaan masyarakat, permohonan air bersih terkabulkan,” ungkap Wayan Putu. Bantuan air dimasukkan ke cubang. BPBD membantu warga yang tidak terjangkau layanan Perumda Tirta Tohlangkir. “Masyarakat beli air layanan Pemerintah Desa Nawakerti seharga Rp 100.000 per 4.000 liter. Beli di pengusaha swasta Rp 250.000 per 4.000 liter,” ungkap Wayan Putu. Di Desa Nawakerti tidak ada mata air, hanya mengandalkan air hujan. *k16

Komentar