nusabali

BI Dorong Pemkab Buleleng Jalin Kerjasama B2B hingga G2G Tekan Inflasi

  • www.nusabali.com-bi-dorong-pemkab-buleleng-jalin-kerjasama-b2b-hingga-g2g-tekan-inflasi

SINGARAJA, NusaBali
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali, mendorong Pemkab Buleleng untuk melakukan terobosan dalam upaya menekan inflasi. Solusi yang diberikan oleh BI dengan menerapkan konsep Business to Business (B2B) dan Government to Government (G2G).

Hal tersebut dipaparkan Kepala Kanwil BI Provinsi Bali Trisno Nugroho saat melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Buleleng Kamis (16/9) kemarin. Menurut Trisno Nugroho, dua konsep tersebut dapat menjadi solusi jangka pendek, pemulihan ekonomi pada masa pandemi dan juga menekan inflasi daerah.

Trisno Nugroho menjelaskan dalam penerapan konsep B2B atau G2G harus ada produksi dari daerah. Produksi yang akan dipasarkan pun dapat melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lalu hasil produksi UMKM ini akan dikerjasamakan dan dipasarkan oleh koperasi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMD).

“Dengan konsep B2B dan G2G tersebut, kerjasama antar daerah bisa dilakukan. Dalam bentuk antar kabupaten di Bali maupun antar provinsi. Jika antar provinsi, tentunya BI bisa melakukan fasilitasi karena ada cabang BI di provinsi lain. Bapak Bupati dengan Bupati daerah lain bisa kerjasama. Bisa dalam bentuk koperasi, BUMN, BUMD, atau juga swasta. Untuk bisa mendukung apa yang kurang di Buleleng ini dalam jangka pendek,”  ungkap Trisno Nugroho.

Untuk mendukung kerjasama tersebut, dia menyebutkan perlu adanya digitalisasi dalam proses transaksi. Sehingga akan memudahkan transaksi dalam kerjasama tanpa batas ruang dan jarak. Dukungan dari pemerintah tentunya sangat diperlukan dalam percepatan penerapan digitalisasi. Sehingga perekonomi di Buleleng secara perlahan bisa pulih dan bangkit.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyampaikan apresiasi kepada BI Provinsi Bali, yang telah terus membantu meningkatkan perekonomian di Buleleng. Ada beberapa solusi yang diberikan untuk meningkatkan perekonomian dan juga menekan inflasi. “Kami akan coba segala solusi yang diberikan untuk menekan laju inflasi di Buleleng,” kata dia.

Menurutnya, segala masukan dan arahan yang diberikan sangat sederhana untuk menekan hal-hal yang dapat memacu inflasi. Menurutnya penerapakan dalam konsep B2B dan G2G. Bisa antar kabupaten di Bali atau antar provinsi di luar pulau akan dipercepat melalui digitalisasi ekonomi. *k23

Komentar