nusabali

Empat Pesawat Tempur TNI AU Latihan di Udara Bali

  • www.nusabali.com-empat-pesawat-tempur-tni-au-latihan-di-udara-bali

MANGUPURA, NusaBali
Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai mendukung Operasi Garda Samudra.

Empat unit pesawat tempur taktis Super Tucano bermesin turboprof EMB-314 dari Skadron 21 Lanud Abdurachman Saleh melaksanakan tugas operasi di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2. “Pesawat tempur Super Tucano yang sekarang sedang ron di Lanud I Gusti Ngurah Rai dalam rangka pelaksanaan operasi Garda Samudera yaitu patroli pengamanan Alur Laut Kepulauan atau ALKI 2” ujar Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza R R Sastranegara, Kamis (16/9).

Kolonel Reza mengatakan Lanud I Gusti Ngurah Rai sebagai pangkalan operasi di bawah jajaran Koopsau II memberikan dukungan operasi penerbangan kepada pesawat-pesawat Angkatan Udara yang sedang melaksanakan operasi maupun latihan. Harapannya pelaksanaan operasi Garda Samudera yang melibatkan empat Super Tucano ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu Komandan Skadron Udara 21, Letkol Pnb Heru Wardhana mengatakan operasi di bawah Komando Tugas Gabungan Garda Samudera ini melibatkan 4 Pesawat tempur taktis Super Tucano dengan 5 penerbang dan 2 Teknisi. Rentang wilayah pada operasi ini dilaksanakan di Selat Lombok ke bagian utara sesuai dengan wilayah pembagian operasi.

“Waktunya kita tentatif tergantung dari informasi intelejen kapankah waktu-waktu yang kritis sehingga disitu kita digerakkan. Latihan ini hanya digelar pagi ini (kemarin). Selanjutnya kembali ke hombase malang” ungkap Letkol Heru. *pol

Komentar