nusabali

Pengunjung Pantai Pandawa Makin Ramai

  • www.nusabali.com-pengunjung-pantai-pandawa-makin-ramai

MANGUPURA, NusaBali
Pengunjung Pantai Pandawa di Desa Adat Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, semakin ramai.

Sejak diuji coba wisatawan yang datang terus meningkat, bahkan sudah tembus seribuan pengunjung pada akhir pekan. Manager Pengelelola Objek Wisata Pantai Pandawa I Wayan Letra, mengatakan setelah Pantai Pandawa dibuka, menyusul keluarnya SE Gubernur Nomor 15 Tahun 2021, jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan. Bila awal pembukaan hanya berada dikisaran 300 hingga 400 orang. Namun, pada akhir pekan Sabtu dan Minggu mencapai angka seribuan pengunjung. “Selama akhir pekan itu saja sudah ada 1.863 pengunjung,” kata Letra, Rabu (15/9) siang.

Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandawa adalah wisatawan domestik. Untuk wisatawan mancanegara tetap ada, namun jumlahnya hanya puluhan orang. Dia juga berharap, kunjungan akan terus meningkat ke depannya. “Sudah mulai kelihatan pengunjungnya. Ya, kami berharap pariwisata mulai bangkit setelah ini,” kata Letra.

Letra membandingkan, sebelum pandemi rata-rata kunjungan ke objek wisata yang menyuguhkan panorama tebing tinggi dan pasir putih itu sekitar 2.000 orang per hari. Namun, saat pandemi. “Kalau perbandingan sebelum pandemi dan saat ini, memang turunnya setengah. Tapi, kalau kita lihat selama pandemi, terutama sebelum penutupan dan setelah penutupan, lumayan bagus,” tandasnya.

Untuk memberikan pelayanan sesuai standar penerapan protokol kesehatan (prokes), pengelola memperketat pengawasan terhadap para pengunjung. Tidak saja terkait jarak aman, penggunaan masker selama berada di kawasan Pantai Pandawa benar-benar diperhatikan.

“Kami sudah kantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability), dan semua penunjang prokes sudah lengkap,” imbuh Letra.

Pengelola juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah travel agent yang ada di luar Bali, menyampaikan perkembangan terbaru di Pantai Pandawa, sehingga tidak menutup kemungkinan kunjungan akan terus meningkat ke depannya. “Kalau travel agent menyambut positif kabar pembukaan ini. Nah, mereka juga akan menyiapkan agenda kalau ada yang datang berkunjung ke Pantai Pandawa,” kata Letra. *dar

Komentar