nusabali

Cegah Stunting, Penyuluh KB Bina Ibu Hamil

  • www.nusabali.com-cegah-stunting-penyuluh-kb-bina-ibu-hamil

AMLAPURA, NusaBali
Penyuluh KB Desa Abang dan Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Karangasem, I Ketut Astawa, menggelar pembinaan kepada ibu hamil di desa binaannya.

Edukasi ini untuk mencegah ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19 dan melahirkan bayi stunting. Mereka diingatkan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang.


Ketut Astawa mengatakan, di Desa Abang ada 18 ibu hamil dan Desa Pidpid 17 ibu hamil. Saat pembinaan, ibu hamil wajib pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Para ibu hamil diingatkan tidak bepergian jika tak ada kepentingan. Jika ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19, risikonya sangat besar karena berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Mereka diberi pemahaman tentang persalinan, perawatan selama nifas, dan perawatan bayi baru lahir. “Merawat kehamilan agar janin sehat,” ungkap Ketut Astawa, Senin (13/9).

Sementara Perbekel desa Duda I Gusti Agung Ngurah Putra mengatakan, sejak pandemi Covid-19 nyaris tidak ada pembinaan untuk ibu-ibu hamil. “Jumlah ibu hamil belum terdata,” ungkap I Gusti Agung Ngurah Putra. Sedangkan Kasi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas PPKB (Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Karangasem, I Gede Dedy Artho, mengatakan penyuluhan ibu hamil wajib dilakukan tatap muka dengan jumlah terbatas dan mengedepankan protokol kesehatan. *k16

Komentar