nusabali

PKH Tahap III Cair, 21 Rekening Kosong

  • www.nusabali.com-pkh-tahap-iii-cair-21-rekening-kosong

AMLAPURA, NusaBali
Kementerian Sosial telah mencairkan bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) tahap III pada bulan Juli lalu. Penerima PKH di Kabupaten Karangasem sebanyak 18.350 kepala keluarga (KK) dan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) sebanyak 26.501 KK.

Hanya saja sebanyak 21 KK di Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem tidak bisa mencairkan bansos PKH dan BPNT. Sebab rekening mereka kosong, tidak ada transfer dana yang masuk.

Perbekel Desa Tegallinggah, I Gede Sudiarsa, mengatakan sebanyak tiga KK penerima PKH tidak bisa mencairkan bantuan karena rekening mereka tanpa saldo. Sedangkan bantuan BPNT tanpa saldo sebanyak 18 rekening. “Kenapa nama-nama warga kurang mampu yang telah terdaftar dan sebelumnya lancar dapat bantuan, kali ini rekeningnya kosong. Sejak bulan Juli saldo mereka kosong,” ungkap Gede Sudiarsa, Minggu (12/9).

Gede Sudiarsa berjanji akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Karangasem untuk menanyakan rekening kosong itu. Warga kurang mampu mengandalkan bantuan dari Kementerian Sosial untuk mendapatkan bantuan biaya sekolah dan kebutuhan pangan. Sementara Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Karangasem, I Gede Sumartana, mengaku belum dapat laporan terkait adanya rekening yang saldonya kosong. “Coba hubungi pendamping kabupaten, petugas pendamping yang lebih tahu soal transfer bantuan itu,” ungkap Gede Sumartana.

Pendamping bantuan BPNT Karangasem Ni Luh Sriasih saat dihubungi ada nada sambung hanya saja tidak memberikan respons. Begitu juga Koordinator Pendamping PKH Karangasem I Wayan Adi saat dihubungi ada nada sambung namun tidak menjawab. Bantuan BPNT di Karangasem tahun 2021 sebanyak 26.501 KK tersebar di delapan kecamatan. Sedangkan bantuan PKH untuk 18.350 KK. *k16

Komentar