nusabali

Pesawat Bertengger di Atas Tebing Pantai Nyang Nyang

'Nyang Nyang Airplane' Diharap Jadi Ikon Baru Wisata Kuta Selatan

  • www.nusabali.com-pesawat-bertengger-di-atas-tebing-pantai-nyang-nyang

DENPASAR, NusaBali
Bodi pesawat Boeing 737-200 siap menjadi salah satu ikon baru pariwisata di kawasan Kuta Selatan, Badung.

Ini menyusul pemasangan bodi pesawat bertengger di atas tebing Pantai Nyang Nyang kaswasan Banjar Karang Boma, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan. Nama keren objek wisata baru berisi bodi pesawat ini ada-lah ‘Nyang Nyang Airplane’.

Proses pemasangan bodi pesawat bertengger di atas tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu setinggi 150 meter dari bibir pantai ini sudah berlangsung sejak Rabu (8/9) malam. Hingga Jumat (10/9), pemasangan bodi pesawat masih terus berlangsung.

Pemasangan Nyang Nyang Airplane di tebing pantai Nyang Nyang ini dilakukan atas kerjasama Felix Demin (seorang pengusaha asal Rusia) dan I Made Sukardiana alias Made Kur (warga Banjar Tengah, Desa Pecatu). Felix Demin merupakan pengusaha asing yang sebelumnya telah mengembangkan berbagai property di Bali, sementara Made Kur adalah pemilik lahan di mana ‘Nyang Nyang Airplane’ dipasang.

Gede Yudi Gautama, salah seorang pengusaha yang ikut dalam kerja sa-ma pengembangan objek ‘Nyang Nyang Airplane’ tersebut, mengatakan ide penempatan pesawat di atas tebing Pantai Nyang-Nyang ini bera-ngkat dari keprihatinan atas kondisi masyarakat setempat, yang sebagian besar menggantungkan nafkah dari sektor pariwisata. Meskipun kawasan Pantai Nyang Nyang terkenal dengan keindahan dan pantainya yang alami, namun dirasa kurang menggelitik kalangan dunia usaha untuk mengembangkannya.

Menurut Yudi Gautama, hal itulah yang mendorong pengusaha asal Rusia, Felix Demin, tergerak untuk bikin ‘Nyang Nyang Airplane’ di atas tebing. “Gagasannya adalah mengembangkan sebuah konsep akomodasi hyper-luxury, dengan memanfaatkan badan pesawat terbang,” ujar Yudi Gautama saat ditemui NusaBali di lokasi ‘Nyang Nyang Airplane’ kawasan tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu, Jumat kemarin.

Yudi Gautama menuturkan, tujuan yang ingin dicapai dalam pemasangan ‘Nyang Nyang Airplane’ini adalah memberikan ikon wisata baru di Kabupaten Badung, khususnya dampak positif bagi masyarakat di Desa Pecatu dan sekitarnya. “Mudah-mudahan tujuan yang ingin kjita capai benar-benar terwujudm,” terang pengusaha asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng alumnus Fakultas Teknik Unud angkatan 1982 ini.

Paparan senada juga disampaikan sang pemilik lahan, Made Sukardiana alias Made Kur. Menurut Made Kur, ide pemasangan ‘Nyang Nyang Airplane’ ini bermula dari pengusaha Felix Demin, yang sering surfing di Pantai Nyang Nyang. “Felix Demin menyatakan ingin menaruh pesawat di sini,” kenang Made Kur.

Made Kur pun berharap penempatan bodi pesawat di atas tebing Pantai Nyang Nyang setinggi 150 meter ini bisa mengembangkan kawasan sekitar menjadi lebih bagus dan maju. “Harapannya, bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat,” terang Made Kur, yang kemarin berada di lokasi ‘Nyang Nyang Airplane’ bersama Yudi Gautama.

Made Kur mengisahkan, sebelum ditempatkan di atas tebing Pantai Nyang Nyang, Desa Pecatu, bodi pesawat Boeing 737-200 tersebut sempat lama berada Pandawa (bukan Pantai Pandawa), Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, sejak dibeli tahun 1993. Bahkan, bodi pesawat tersebut nyaris jadi besi tua dan sempat hendak dijual ke Tiongkok.

Namun, kata Made Kur, bodi pesawat tersebut akhirnya dipindahkan dan dipasang di atas tebing Pantai Nyang Nyang, sejak Rabu malam. Teknisnya, bodi pesawat dipotong menjadi dua bagian, lalu diangkut menggunakan truk. Nah, di atas tebing pantai Nyang Nyang, potongan bodi pesawat tersebut kemudian dipasang menggunakan crane berkapasitas 50 ton.

Sekadar diketahui, pesawat Boing 737-200 yang dulunya merupakan milik Maskapai Mandala Airlines dengan registrasi PK-RII ini memiliki panjang 29,54 meter, lebar 5,2 meter, dengan tinggi 3,96 meter. Untuk merakit kembali bodi pesawat sampai terpasang bertengger di atas tebing Pantai Nyang Nyang, dilibatkan 6 orang teknisi yang didatangkan khusus dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur. Guna menarik wisatawan, ‘Nyang Nyang Airplane’ dilengkapi dengan Sacredatos Bali, yakni sebuah restoran tanpa harga. *k17

Komentar