nusabali

Rancang Smart City, Wabup Ipat Kunjungi Dinas Kominfos Bali

  • www.nusabali.com-rancang-smart-city-wabup-ipat-kunjungi-dinas-kominfos-bali

NEGARA, NusaBali
Jembrana Smart City, salah satu program unggulan akan diwujudkan Pemkab Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakilnya, I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat).

Guna merealisasikan program itu, Wabup Ipat berkoordinasi ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) Bali, Denpasar, Kamis (9/9).

Dalam koordinasi tersebut, Wabup Ipat didampingi Asisten I Setda Jembrana I Nengah Ledang, Kepala Bidang Statistik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jembrana Ni Komang Hardiastuti, dan Kepala Bidang Infrastruktur dan Aplikasi pada Dinas Kominfo Jembrana I Ketut Raka Widiadnyana. Kehadiran Wabup Ipat diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfos Bali Gede Pramana.  

Wabup Ipat mengharapkan program smart city di Jembrana  dapat memberikan kemudahan bagi warga dalam menggunakan layanan yang telah disediakan oleh pemerintah. Melalui program smart city dengan mengintegrasikan segala elemen data penduduk itu, juga bertujuan memberikan akses kepada masyarakat dalam memantau perkembangan dan pembangunan di Jembrana.

“Melalui smart city, berbagai data akan dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengelola aset daerah. Mulai sistem informasi instansi pemerintah daerah, sekolah, pelayanan kesehatan hingga pelayanan masyarakat lainnya. Intinya, konsep smart city untuk mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat .Sehingga  pemerintah mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Wabup Ipat.

Dengan smart city, sambung Wabup Ipat, semua masalah bisa diantisipasi secara real time (tepat waktu). Sebaliknya, masyarakat dapat berkomunikasi dan merasakan kemudahan dalam melakukan kegiatan sehingga merasakan kedekatan dengan pemerintah. Untuk itu, Wabup Ipat berharap dari Dinas Kominfos Provinsi Bali memberikan dukungan untuk mewujudkan Jembrana Smart City.

“Apabila data terintegrasi dengan baik, maka dapat menghemat waktu dan biaya dalam membaca, mengolah dan memanfaatkan data. Jadi kita berharap diberikan dukungan dalam program smart city ini,” ujar Wabup Ipat yang juga putra sulung mantan Bupati Jembrana, I Gede Winasa ini.

Kadis Kominfos Bali Gede Pramana menyatakan, siap memberikan dukungan terhadap program Jembrana Smart City tersebut. Menurutnya, kabupaten/kota sangatlah penting memiliki master plan (rencana induk) smart city agar kota tersebut memiliki arah dalam pengembangan smart city yang bertujuan memudahkan pelayanan ataupun kemajuan daerah.

“Tentunya kami akan dukung penuh untuk kemajuan Jembrana, dan terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana. Di mana Kabupaten Jembrana juga  merupakan pintu masuk utama pulau Bali, juga harus memiliki master plan smart city,” tandasnya. *ode

Komentar