nusabali

Usulkan Rehab Pura Jagatnatha, Bupati Tamba Temui Kepala Bappeda Bali

  • www.nusabali.com-usulkan-rehab-pura-jagatnatha-bupati-tamba-temui-kepala-bappeda-bali

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba berencana merehab Pura Jagatnatha Jembrana.

Terkait rencana itu, Bupati Tamba menemui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, di Kantor Bappeda Bali, Denpasar, Rabu (8/9).

Dalam pertemuan itu, turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bali Nusakti Yasa Weda, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Bali I Made Sudarsana. Dari jajaran pejabat Pemkab Jembrana, diikuti Asisten II Setda Jembrana I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Jembrana yang juga Plt Asisten III Setda Jembrana I Made Dwi Maharimbawa, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Sudiarta, dan Staf Ahli Bupati Jembrana Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) I Komang Wiasa.

Bupati Tamba mengatakan, kehadirannya ke Bappeda Bali bertujuan menindaklanjuti usulan perbaikan Pura Jagatnatha Jembrana. Seperti diketahui, sudah lama pura yang menjadi kebanggaan masyarakat Jembrana tersebut belum direhab. Kondisi ini juga diperparah dengan adanya bencana gempa Lombok yang mengakibatkan beberapa palinggih rusak. Di samping rehabilitasi, Bupati Tamba berencana menata ulang bangunan di jaba pura, khususnya membuat pintu keluar berupa Candi Bentar yang lebih representatif.

"Jadi, kami mohon agar usulan ini dikawal dan difollow up (tindaklanjuti, red) agar perehaban terhadap Pura Jagatnatha Jembrana dapat segera terealisasi. Mengingat keberadaan pura ini sangat penting bagi masyarakat di Jembrana,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana ini.

Menurut Bupati Tamba, keberadaan Pura Jagatnatha Jembrana yang berlokasi di sebelah areal Pusat Pemerintahan Jembrana, termasuk ke dalam unsur Atma Kerthi. Yaitu, membangun ketakwaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Hal itu juga masuk dalam misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana. “Ini mencerminkan betapa vitalnya keberadaan Pura Jagatnatha. Sekaligus  sebagai ikonnya Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba yang juga Wakil Ketua DPD Demokrat Bali ini.

Selain membahas usulan perehaban Pura Jagatnatha Jembrana, Bupati Tamba juga memaparkan sejumlah program dan rencana strategis yang tengah dan akan dikembangkan di Kabupaten Jembrana. Seperti program-program di bidang pertanian dan perikanan hingga pengembangan pariwisata. “Semoga apa yang telah dipaparkan ini dapat  menjadi bahan untuk dapat diinputkan juga kedalam rencana program pembangunan di Provinsi Bali ke depannya. Sehingga harapan bersama kemajuan di Kabupaten Jembrana secara langsung berdampak pada kemajuan di Provinsi Bali juga,” ujarnya.

Kepala Bappeda Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra mengatakan, pihaknya menyambut baik atas usulan yang disampaikan Bupati Jembrana terkait rencana program besar yang dicanangkan di Kabupaten Jembrana. Sejumlah potensi yang luar biasa tersebut, akan berdampak pada kemajuan di Kabupaten Jembrana. Terlepas dari itu juga terkait usulan perehaban Pura Jagatnatha Jembrana akan segera ditindaklanjuti. “Secara umum kami sangat setuju dengan apa yang telah disampaikan Bupati Jembrana. Kami di Bappeda Bali sebagai Koordinator Perencanaan Daerah harus menindaklanjuti, kemudian melakukan kajian dan tentu pada akhirnya membantu untuk memberikan rekomendasi,” tandasnya.

Wiasthana menambahkan, berbagai program yang dicanangkan Pemkab Jembrana itu sejalan dengan komitmen Gubernur Bali Wayan Koster, agar terjadi pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Bali. “Sekali lagi apa yang menjadi hasil diskusi kali ini, kami akan segera follow up dan secara langsung akan kami sampaikan kepada Bapak Gubernur Bali,” jelasnya. *ode

Komentar