nusabali

Bali Jadi Tuan Rumah Sidang Umum IPU 2022

  • www.nusabali.com-bali-jadi-tuan-rumah-sidang-umum-ipu-2022

JAKARTA, NusaBali
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) siap menjadi tuan rumah Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) General Assembly. Pelaksanaannya akan berlangsung di Bali pada 20-24 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani setelah penandatanganan nota kesepakatan antara DPR RI dan IPU di Wina, Austria, Rabu (8/9). “Saya ingin menyampaikan sekali lagi kesiapan DPR RI untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan IPU General Assembly 2022,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/9).

Puan menyampaikan kesiapan DPR RI saat pertemuan bilateral dengan Presiden IPU Duarte Pacheco di sela-sela Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP) di Wina, Austria.

Puan dan Duarte menjadi saksi penandatanganan nota kesepakatan yang dilakukan Sekjen DPR RI dan Sekjen IPU.

Dalam nota kesepakatan dijelaskan, IPU General Assembly di Bali akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat seperti dilakukan Austria saat menggelar 5WCSP saat ini. Kemudian sesuai dengan perkembangan penyebaran virus pada awal 2022.

Puan menjelaskan sejumlah alasan mengapa IPU General Assembly 2022 di Bali akan sangat bernilai strategis.

“Pertama karena memberikan optimisme dari parlemen berbagai negara kepada masyarakat internasional untuk bangkit dari suasana pandemi,” tutur politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Kedua, lanjut Puan, dunia diharapkan sudah akan melihat dampak positif distribusi vaksin dan arah pemulihan ekonomi juga akan semakin jelas pada tahun 2022. “IPU Assembly 2022 diharapkan memberi dorongan mempercepat proses pemulihan tersebut,” papar Puan.Ketiga, kata cucu Bung Karno, ini pertemuan IPU General Assembly 2022 dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama antar-parlemen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. “Dan juga best practices bagaimana langkah terbaik dalam menangani pandemi dan melakukan pemulihan ekonomi dari dampak pandemi,” jelas Puan.

Pengukuhan DPR RI menjadi tuan rumah IPU General Assembly 2022, karena Indonesia dianggap telah melewati puncak gelombang kedua serangan virus Corona varian Delta. Tak ketinggalan, situasi pandemi di dalam negeri semakin membaik berkat dukungan semua elemen masyarakat. Apalagi, tingkat vaksinasi di Bali yang menjadi tempat acara digelar sudah sangat tinggi. *k22

Komentar