nusabali

Dinkes Buleleng Kembali Jadwalkan Vaksinasi

Untuk Disabilitas dan Masyarakat Umum

  • www.nusabali.com-dinkes-buleleng-kembali-jadwalkan-vaksinasi

SINGARAJA, NusaBali
Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng kembali menjadwalkan vaksinasi untuk disabilitas dan masyarakat umum.

Target sasaran yang belum tervaksin diberikan kesempatan untuk menjalani vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng mulai hari ini Rabu (8/9) hingga Jumat (10/9). Vaksinasi kembali digencarkan untuk memaksimalkan capaian target vaksinasi di Buleleng.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Buleleng Ketut Suwarmawan, Selasa (7/9) mengatakan hingga kemarin capaian target vaksinasi sesuai data Satgas Covid-19 Buleleng baru mencapai 482.701 orang. Atau 83,43 persen dari target yang ditetapkan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sebanyak 578.549 orang.

Upaya menuntaskan target vaksinasi ini pun terus digencarkan. Meskipun 58.000 penduduk Buleleng terdeteksi sudah tervaksin di tempat rantauan mereka. "Segala upaya untuk vaksinasi dilakukan. Mulai dari program tuntas vaksinasi kewilayahan dosis II sedang berjalan dan masyarakat yang belum tervaksin sama sekali atau tercecer juga terus kami jaring, sehingga tujuan untuk membentuk herd immunity segera terwujud," harapnya.

Kadis Suwarmawan mengajak kepada masyarakat yang memiliki anggota keluarga disabilitas untuk mendampingi ketika  divaksinasi. Keluarga pun diimbau untuk pastikan kondisi kesehatan yang bersangkutan stabil. Masyarakat yang akan divaksin sudah bisa datang dari pukul 08.00 Wita hanya dengan membawa KTP. Dia pun menyebutkan vaksin untuk disabilitas dan masyarakat umum diberikan peluang, karena sejauh ini capaiannya masih rendah. Seperti target vaksinasi masyarakat umum dari jumlah target 366.866 orang baru tercapai 74.260 orang atau 20,24 persen.

 "Capaian vaksin masyarakat umum memang sedikit karena target sasaran ini muncul belakangan. Sedangkan kategori masyarakat umum sebagian sudah tervaksin dan datanya masuk dalam petugas publik. Bahkan capaian vaksinasi petugas publik melebihi dari target yang ditentukan yakni 572,08 persen," jelas mantan Kabag Prokom Setda Buleleng ini.

Sementara itu perkembangan kasus harian Covid-19 Buleleng,  kasus konfirmasi baru  sebanyak 27 orang dan sembuh 31 orang. Kemudian pasien meninggal dunia 2 orang dan dalam perawatan sebanyak 214 orang.

Secara kumulatif Kadis Suwarmawan menerangkan kasus konfirmasi berjumlah 10.147 orang dengan rincian sembuh 9.432 orang, meninggal 501 orang dan pasien aktif dalam perawatan sebanyak 214 orang.*k23

Komentar