nusabali

Disdikpora Karangasem Matangkan PTM

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-matangkan-ptm

PTM dibuka di zona kuning dan zona hijau.

AMLAPURA, NusaBali

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem tetap mematangkan persiapan menggelar PTM (pembelajaran tatap muka). Bupati Karangasem I Gede Dana telah mengeluarkan izin untuk menggelar PTM pada April 2021 lalu namun batal terlaksana karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM) level IV Jawa-Bali. Kini, Disdikpora Karangasem terus melengkapi perlengkapan protokol kesehatan dan administrasi.

Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan seluruh guru sudah menjalani vaksinasi. Siswa SD usia 12 tahun yang sudah divaksin sebanyak 21.093 orang dan siswa SMP sebanyak 18.814 orang. Kabupaten Karangasem sudah turun status dari level IV ke level III dan PTM siap dilaksanakan. Selama ini guru SD mengajar dari sekolah secara daring (dalam jaringan). Sedangkan guru SMP sebagian mengajar dari sekolah dan sebagian dari rumah sesuai target kinerja.

Setiap sekolah diwajibkan membentuk Satgas Covid-19 untuk mengontrol PTM secara ketat. Status setiap desa dan kelurahan di Karangasem berbeda-beda, mulai dari zona merah, oranye, kuning, dan zona hijau. Dibuka untuk PTM hanya di zona kuning dan zona hijau. Sebelum melakukan PTM, ruang belajar disemprot disinfektan. Jarak bangku belajar diatur. Pembelajaran hanya 90 menit atau tiga jam pelajaran, tanpa jam istirahat. Begitu shift pertama selesai, ruangan disemprot disinfektan, dilanjutkan shift kedua. Selama PTM dikontrol Satgas Covid-19 yang ada di sekolah.

Bupati Karangasem I Gede Dana juga berharap bisa melaksanakan PTM. Diharapkan status Karangasem turun jadi level III. “Kami semua berharap agar status Karangasem bisa turun jadi level III, apalagi disertai turunnya jumlah kasus terbaru,” ungkap Bupati Gede Dana. Turunnya kasus terbaru agar disertai turunnya angka kematian. Hal itu sangat mempengaruhi status. *k16

Komentar