nusabali

Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-evakuasi-sarang-tawon

AMLAPURA. NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem mengevakuasi sarang tawon di garase rumah yang dikontrak Yeri, 30, di BTN Taman Asri Blok D/56, Jalan Sudirman Amlapura, Minggu (5/9) pukul 18.35 Wita.

Petugas Damkar mengevakuasi sarang tawon dengan memasukkan kapas isi bensin di lubang sarang tawon. Tawon bersarang di garase sejak tiga bulan lalu.

Yeri mengatakan, tawon bersarang di garase sejak tiga bulan lalu. Awalnya kecil, namun kian hari sarangnya makin besar dan induknya semakin banyak. Khawatir tersengat tawon, Yeri minta bantuan kepada Petugas Pos Damkar Karangasem. Laporan diterima anggota regu I, I Nengah Suderesna. Sebanyak empat petugas datang ke BTN Asri Blik D56. Anggota membawa anak tangga, karung plastik, kapas, dan bensin. Lubang sarang tawon ditutup kapas berisi bensin, ditunggu sekitar 5 menit induk tawon yang ada di dalamnya mati. Selanjutnya sarang tawon dilepas.

Kasi Pengendalian dan Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Putu Dharma Kartika yang memimpin anggota mengatakan, evakuasi sarang tawon hanya sebentar. “Harus dievakuasi, karena tawon sangat membahayakan,” ungkap Dharma Kartika. Cara evakuasi sarang tawon sangat sederhana, hanya berbekal kapas dan bensin. Kapas dibasahi dengan bensin dan dimasukkan ke lubang sarang tawon. Menuju sarang tawon harus hati-hati, jangan sampai menimbulkan getaran agar induknya tidak berhamburan keluar. *k16

Komentar