nusabali

2 Kelompok Nelayan Terima Jukung Bantuan Bupati

  • www.nusabali.com-2-kelompok-nelayan-terima-jukung-bantuan-bupati

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan jukung (perahu) kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Monggalan Cedok Baru Kusamba dan KUB Saman Jaya Jumpai, di Pesisir Pantai Mongalan Cedok Baru, Dusun Bingin, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (3/9).

Dalam penyerahan itu, Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung Dewa Ketut Sueta Negara. "Bantuan yang diserahkan empat jukung berbahan fiber lengkap dengan mesin. Dari empat itu, tiga unit untuk KUB Monggalan Cedok Baru Kusamba dan satu unit perahu untuk KUB Saman Jaya Jumpai," Dewa Sueta Negara.

Bantuan jukung ini juga dilengkapi alat tangkap jaring masing-masing 2 lembar dan baju pelampung masing-masing 2 stel. "Bantuan tidak diberikan kepada perorangan agar manfaatnya dirasakan semakin banyak nelayan, khususnya anggota kelompok nelayan," kata Dewa Sueta.

Bantuan perahu ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Klungkung 2021. Setelah ini juga akan diserahkan lagi 2 unit jukung lengkap dengan perlengkapan nelayan untuk KUB di Kecamatan Nusa Penida.

Sementara itu, Ketua KUB Mongalan Cedok Baru Kusamba Wayan Subrata merasa senang dan berterimakasih atas bantuan perahu yang diberikan oleh Pemerintah untuk kelompoknya. "Terimakasih kami ucapkan atas bantuan yang diberikan semoga dengan ini bisa menambah hasil tangkapan," ujar Subrata.

Bupati Suwirta berharap kepada kelompok nelayan yang menerima bantuan ini agar dapat menggunakan dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, serta dapat meningkatkan produksi tangkapan nelayan. "Semoga bantuan ini bisa membantu nelayan menambah hasil tangkapan guna meningkatkan taraf hidup atau perekonomian masyarakat nelayan," harap Bupati Suwirta.

Bantuan ini diprioritaskan bagi KUB yang anggotanya masih menggunakan perahu dan menggunakan alat bantu penangkapan ikan secara tradisional. Bantuan agar dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya, jangan sampai mangkrak di pinggir pantai. Perahu ini bisa digunakan bersama-sama untuk menghidupi semua anggota kelompok, dan kedepannya bekerjasama dengan pemindangan untuk pengolahan hasil yang didapatkan. *wan

Komentar