nusabali

Karangasem Target Vaksin 2.300 Ibu Hamil

  • www.nusabali.com-karangasem-target-vaksin-2300-ibu-hamil

AMLAPURA, NusaBali
Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem mulai melaksanakan vaksinasi untuk ibu hamil di rumah sakit dan 12 Puskesmas se-Kabupaten Karangasem. Target sasaran vaksinasi sebanyak 2.300 ibu hamil. Vaksin Sinovac dan Moderna direkomendasikan untuk ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 13 minggu.

Vaksinasi ibu hamil terlaksana dengan rekomendasi dari ITAGI (technical advisory group on immunization) atau komite penasihat ahli imunisasi nasional. Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan vaksinasi Covid-19 menyasar ibu-ibu hamil di Karangasem dengan target 2.300 ibu hamil. ITAGI merekomendasi tahapan vaksinasi untuk ibu hamil. Jika suhu badan di atas 37,5 derajat celcius vaksinasi ditunda, tekanan darah yang direkomendasikan kurang dari 140/90 mmHg.

Tidak ada keluhan kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur, tidak memiliki riwayat alergi berat, tidak memiliki riwayat penyakit penyerta, tidak mengidap penyakit autoimun, tidak sedang menjalani pengobatan, dan sebagainya. “Bagi ibu-ibu hamil yang gagal menjalani skrining, vaksinasi ditunda, sampai kesehatannya benar-benar normal,” jelas Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan Karangasem, Kamis (2/9).

Setelah memenuhi syarat dan lolos skrining, vaksinasi bisa dijalankan. Agar tidak menimbulkan kekhawatiran, karena menyangkut keselamatan nyawa. “Vaksinasi untuk ibu-ibu hamil aman untuk janin di dalam kandungan,” lanjut alumnus FK Unud Denpasar angkatan 1997. Pelayanan di 12 Puskesmas telah dilakukan. Sebelum melayani vaksinasi, vaksinasi berkoordinasi dengan petugas bidan.

Kepala Puskesmas Karangasem I, drg Ni Luh Sri Panca Parwita Sari membenarkan tengah melayani vaksinasi untuk ibu-ibu hamil. “Di Puskesmas Karangasem I, pelayanannya tiap Rabu, sebelum melayani vaksinasi, petugas berkoordinasi dengan petugas bidan. Kami telah layani 10 ibu hamil,” jelas Luh Panca Parwita Sari. Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana mengatakan, sejak sebulan terakhir telah melakukan vaksinasi untuk 73 ibu-ibu hamil se-Kecamatan Selat berasal dari 8 desa. *k16

Komentar