nusabali

Bupati Tamba Minta Wirausahawan Bersiap Hadapi Perkembangan Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-minta-wirausahawan-bersiap-hadapi-perkembangan-jembrana

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba minta para wirausahawan bersiap menghadapi perkembangan terkait pembangunan wahana wisata terbesar di Bali yang rencananya dibangun di Jembrana.

Hal itu disampaikan Bupati Tamba saat menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba koperasi berprestasi dan business plan competition (lomba rancang bisnis) di Auditorium Pemkab Jembrana, Senin (30/8). Bupati Tamba didampingi Kadis Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata, mengatakan lomba koperasi berprestasi dan rancang bisnis ini, bertujuan mempersiapkan wirausahawan baru untuk tumbuh dan membantu menggenjot pertumbuhan ekonomi Jembrana.

Bupati Tamba sangat optimistis dengan perkembangan Jembrana ke depan. Hal itu seiring akan masuknya beberapa investasi ke Jembrana, dan meminta wirausahawan setempat bersiap agar tidak ketinggalan.

“Kegiatan ini salah satu tujuannya untuk mencetak pengusaha-pengusaha tangguh. Kami optimistis Jembrana sebentar lagi akan segera tumbuh pesat.  Kami optimistis tiga tahun lagi Jembrana akan boom. Untuk itu, mulai sekarang kami harap para pengusaha muda Jembrana mempersiapkan diri,” tegas Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, ini.

Terkait dengan lomba tersebut, Bupati Tamba memberikan apresiasi kepada Dinas Koperindag, karena telah mampu melakukan berbagai upaya pembinaan dan bimbingan kepada koperasi dan membuat kompetisi rancangan bisnis. “Saya juga memberikan apresiasi kepada teman-teman para pemenang perlombaan baik itu dari kalangan koperasi, juga para business plan competition. Dan Dinas Koperindag Jembrana sudah melakukan pembinaan kepada start-up start-up (pengusaha-pengusaha baru) yang akan menghiasi ekonomi Jembrana,” ujarnya.

Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan, lomba meliputi 2 kelompok sasaran yakni, koperasi berprestasi dan business plan competition. Untuk penilaian koperasi berprestasi meliputi kategori produsen, konsumen, dan koperasi wanita. Sedangkan untuk business plan competition dengan ketentuan peserta adalah penduduk Jembrana dengan batasan umur maksimal 35 tahun yang mampu memberikan ide baru yang kreatif, inovatif, dan kompetitif di dunia bisnis. “Yang terpenting, kita harapkan anak-anak muda kita nantinya mampu memberikan solusi pada permasalahan di Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana,” ucapnya.

Dalam lomba tersebut, masing-masing pemenang diberikan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Untuk pemenang lomba koperasi berprestasi, juara I Rp 3 juta, juara II Rp 2 juta dan juara III Rp 1 juta. Sedangkan pemenang business plan competition, juara I Rp 10 juta, juara II Rp 5 juta, dan juara III Rp 2,5 juta. *ode

Komentar