nusabali

ABK Sandar di Perairan Serangan Jalani Vaksinasi Covid-19 di Atas Kapal

  • www.nusabali.com-abk-sandar-di-perairan-serangan-jalani-vaksinasi-covid-19-di-atas-kapal

DENPASAR, NusaBali.com - Bekerja di tengah laut selama berbulan-bulan mengakibatkan Anak Buah Kapal (ABK) kesulitan meraih akses vaksin Covid-19.

Untuk itu Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, sebagai garda terdepan keamanan laut, bergerak dengan mendatangi para ABK yang kebetulan sedang bersandar di perairan Pulau Serangan Denpasar, Sabtu (28/8/2021).

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar, Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, memimpin langsung tim Balai Kesehatan Lanal Denpasar yang dikepalai Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani AMd Kep dengan membawa 100 dosis vaksin Sinovac.

“Kepala Staf TNI AL, Bapak Laksamana TNI Yudho Margono, memerintahkan kepada komando kewilayahan khususnya kami yang ada di Bali untuk menyukseskan program pemerintah dalam rangka melaksanakan vaksinasi massal. Saat ini kami berada di tengah laut untuk melaksanakan vaksinasi kepada Anak Buah Kapal (ABK), kapal-kapal yang saat ini lego di Pantai Serangan ini,” terang Danlanal Komang Teguh Ardana di atas kapal ‘Ombak Biru’


Selain itu, Danlanal menambahkan, ini merupakan jawaban pihaknya atas pertanyaan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dalam membantu pemerintah daerah menyukseskan program pemerintah menyelenggarakan vaksinasi massal untuk mengejar terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) pada masyarakat Bali.

“Ini akan kami laksanakan secara berkelanjutan, kami terfokus pada Anak Buah Kapal yang lego jangkar di Serangan, banyak sekali kapal-kapal yang ada di sini karena kondisi pandemi sehingga tidak banyak berlayar,” ungkap Danlanal.

Salah seorang ABK kapal ‘Ombak Biru’, Nurhadi, merasa senang akhirnya mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19. Ia mengatakan sebelumnya sempat hendak mengikuti vaksinasi, namun terkendala kondisi kesehatannya yang sedang sakit pada saat itu.  “Kan harus dalam kondisi sehat, kebetulan sekarang ada vaksin jadi saya ikut,” terang Nurhadi.

Sementara itu Lurah Serangan, I Wayan Karma,  mengucapkan terima kasih kepada pihak Lanal Denpasar yang telah mengadakan vaksinasi Covid-19 menyasar ABK yang bersandar di Perairan Serangan. “Kami tetap kolaborasi dengan pihak TNI dan lembaga lainnya, untuk bisa membantu kami di pemerintahan. Terus terang pemerintah juga telah banyak melakukan kegiatan, tapi itu pun ada yang tidak tercover, ini yang perlu disasar,” ujar Wayan Karma.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, AA Gede Bayu Brahmasta, yang juga turut berangkat menyambangi para ABK di tengah laut, pun mengatakan hal yang sama. Dikatakan, Kota Denpasar telah melebihi target pencapaian vaksinasi Covid-19 (dosis I), namun pastinya ada masyarakat yang terlepas, belum mendapatkan vaksinasi, terutama masyarakat yang memiliki mobilitas kehidupan di laut.

“Meski Serangan merupakan zona hijau, tapi kita kan daerah terbuka. Bisa saja mobilitas penduduk akan datang ke sini. Itulah tadi, TNI melakukan vaksinasi terhadap masyarakat yang bukan penduduk Serangan tapi datang ke Serangan. Kami berharap Serangan akan tetap menjadi zona hijau,” tandas Bayu Brahmasta.  *adi

Komentar