nusabali

Penekun Spiritual Menulis Dua Buku Tentang Ratu Bagus

  • www.nusabali.com-penekun-spiritual-menulis-dua-buku-tentang-ratu-bagus

AMLAPURA, NusaBali
Penekun spiritual yang juga dosen di STIKES Buleleng, Dr I Wayan Sujana SAg MAg, menulis dua buku tentang aktivitas guru spiritual Ida Pandita Mpu Parama Daksa Natha Ratu Bagus dari Ashram Ratu Bagus, Banjar/Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem.

Dua buku yang disusun menyingkap rahasia bio energi yang selama ini digunakan terapi Ratu Bagus melalui meditasi dengan menggerakkan seluruh energi cakra dalam tubuh. Dua buku itu dengan judul Aspek Teologi Meditasi Bio Energi Ratu Bagus setebal 114 halaman terbit tahun 2014 dan buku Sosio Teologis Meditasi Bio Energi Ratu Bagus setebal 115 halaman terbit tahun 2021.

Wayan Sujana mengatakan, kedua isi buku tersebut saling melengkapi, berisi pesan pentingnya meditasi bio energi agar mampu menghidupkan sifat-sifat Tuhan dalam diri. Penekun spiritual dari Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Badung ini memaparkan sosio telogis yang dimaksud dengan latihan meditasi secara kontinyu maka sifat-sifat Tuhan dalam diri akan bangkit dengan cara digetarkan. “Nantinya jika terjun ke masyarakat, berperilaku sesuai sifat-sifat Tuhan, bertutur kata santun, sabar, penyayang, pemaaf, mampu mengendalikan diri, dan tidak gampang emosi,” jelas Wayan Sujana, alumnus program doktoral IHDN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar tahun 2021 ini, Jumat (27/8).

Menurut ayah seorang anak ini, setelah rutin meditasi dengan kekuatan bio energi akan mampu memerangi musuh dalam diri (ripu). Selama ini ada 10 kelompok musuh dalam diri, yang setiap saat memengaruhi ketenangan bathin. Dengan meditasi bio energi akan mampu mencapai salah satu tujuan hidup yang sebenarnya. Jika mampu mengendalikan musuh-musuh dalam diri, maka musuh di luar diri dengan mudah bisa diatasi. Kesepuluh musuh dalam diri yakni Tri Mala, Catur Mada, Panca Wisaya, Panca Ma, Sadripu, Sad Atatayi, Sapta Timira, Asta Dusta, Dasa Mala, dan Asuri Sampat.

Wayan Sujana mengatakan, buku aspek teologis meditasi bio-energi ratu bagus merupakan hasil tesis saat menamatkan pascasarjana di IHDN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar tahun 2014. Sedangkan buku Sosio Telogis Meditasi Bio Energi Ratu Bagus merupakan disertasi saat menamatkan program doktoral di universitas yang sama tahun 2021. “Masih ada buku yang ketiga, sedang disusun,” ungkap Wayan Sujana. Setelah Ratu Bagus lebar, Kamis (12/8) dan dipalebon pada Buda Pon Watugunung, Rabu (25/8), Wayan Sujana akan melanjutkan meditasi bio energi yang diwariskan Ratu Bagus. Pengikutnya cukup banyak, terutama dari kalangan wisatawan. Wayan Sujana bersama Ratu Bagus sempat keliling Eropa memperkenalkan terapi bio energi dengan cara tertawa dan menggetarkan seluruh organ tubuh melalui kekuatan bathin.

Wayan Sujana mengatakan, orang-orang Eropa sampai datang ke Ashram Ratu Bagus belajar spiritual karena di sana telah menemukan jati diri yang sebenarnya. Padahal secara intelek, yang datang orang-orang berpendidikan tinggi. “Kenapa mereka suntuk dan tekun belajar di Ashram Ratu Bagus, karena ada kekuatan bathin yang selama ini tidak didapatkan di negeranya,” imbuh Wayan Sujana yang bertugas di bidang pengembangan sumber daya manusia Ashram Ratu Bagus. *k16

Komentar