nusabali

Denpasar Jaga Eksistensi Subak

Forum Pekaseh Dikukuhkan, Generasi Muda Diminta 'Lirik' Pertanian

  • www.nusabali.com-denpasar-jaga-eksistensi-subak

Forum Pekaseh dibentuk untuk melestarikan keberadaan subak di Kota Denpasar yang keberadaan lahan pertaniannya makin terhimpit.

DENPASAR, NusaBali  

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengukuhkan Forum Pekaseh Kota Denpasar. Pengukuhan secara simbolis dengan penyematan tanda pin kepada Ketua Forum Pekaseh I Wayan Jelantik di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (27/8). Forum Pekaseh ini dibentuk untuk melestarikan keberadaan subak di Kota Denpasar yang keberadaan lahan pertaniannya makin terhimpit kawasan pemukiman. Di samping itu minat generasi muda untuk menekuni pertanian dewasa ini semakin menurun.

Dalam pengukuhan tersebut hadir Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar yang juga Plt Kadis Kebudayaan AA Gede Risnawan. “Dibentuknya Forum Pekaseh ini sebagai media komunikasi antar petani di Kota Denpasar dalam mempertahankan eksistensi subak dan menggairahkan minat generasi muda untuk menekuni usaha di bidang pertanian,” ujarnya.

Jaya Negara berharap dengan dikukuhkannya Forum Pekaseh ini ke depannya dapat tetap menjaga dan melestarikan keberadaan subak sebagai warisan budaya dengan konsep Tri Hita Karana, yaitu Parahyangan, Pawongan dan Palemahan yang merupakan salah satu bagian dari eksistensi subak.

Sementara Ketua Forum Pekaseh Kota Denpasar I Wayan Jelantik mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar, khususnya kepada Walikota Denpasar IGN Jaya Negara yang telah melantik dan mengukuhkan dirinya sebagai ketua Forum Pekaseh Kota Denpasar.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah dilaksanakannya pengukuhan ini ke depannya untuk pertanian di Denpasar dengan banyak perubahan seperti sekarang ini berharap generasi muda juga dapat mengambil andil dalam bidang pertanian. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19, usaha pertanian cukup menjanjikan dan bisa bertahan dalam masa pandemi.

"Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa generasi muda harus mulai menggeluti profesi dan usaha di bidang pertanian. Jangan malu jadi petani, petani adalah profesi yang mulia," ungkapnya.

Selebihnya Wayan Jelantik mengatakan terkait sudah dibentuknya koperasi untuk petani ini diharapkan seluruh pekaseh dapat bekerjasama sehingga ke depannya koperasi ini dapat berjalan dengan lancar. *mis

Komentar