nusabali

Aksi Berbagi Pangan Sembari Sosialisasi Peduli Lingkungan

  • www.nusabali.com-aksi-berbagi-pangan-sembari-sosialisasi-peduli-lingkungan

DENPASAR, NusaBali.com –Koalisi Sosial, Komunitas Pandan Madui Movement, Gendi Universitas Warmadewa Denpasar, dan Komunitas Ragam mengadakan gerakan berbagi pangan berupa nasi bungkus di Denpasar, Kamis (26/8/2021) sore.

Tidak hanya membagikan pangan, komunitas tersebut juga memberikan sosialisasi singkat akan pentingnya lingkungan, kepada para penerima bantuan pangan tersebut.

AA Gede Dalem Wahyu, yang merupakan Koordinator Koalisi Sosial, menyatakan bahwa, pada saat memberikan pangan, aksi pun juga diselingi dengan memberikan sosialisasi atau campaign no plastic kepada masyarakat tersebut. “Nasi Bungkusnya kami wadahi paper bag, berupa koran bekas. Dengan cara itu kami harapkan dapat menekan jumlah penggunaan plastik sekali pakai, yang cenderung berpeluang mencemari lingkungan,” ujarnya.

Lebih lanjut Dalem Wahyu menyatakan bahwa pembagian pangan dilakukan dengan cara menyebar di beberapa kawasan di antaranya Jalan PB Sudirman, Cokroaminoto, dan Teuku Umar. “Titik kumpulnya di Teuku Umar, lalu menyebar menyasar masyarakat kecil dan para pedagang kecil,” tuturnya.


Dirinya pun mengatakan bahwa terdapat 250 bungkus nasi yang telah dibagikan, yang berasal dari donasi kawan-kawan di komunitas bersangkutan. Dalem Wahyu pun berharap, agar apa yang telah dilakukan dapat memberikan tidaknya sedikit manfaat terhadap masyarakat, terutama masyarakat kecil dan para pedagang kecil. “Semoga gerakan ini dapat menggerakkan masyarakat Bali khususnya, agar saling membantu di situasi sulit ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Dalem Wahyu pun berpesan, walaupun sedang menghadapi masa pandemi, masyarakat harus selalu menjaga keberadaan lingkungan, terutama menjaga lingkungan dari sampah plastik. “Lingkungan juga harus tetap dijaga pada masa pandemi ini, jika lingkungan terjaga maka kesehatan pun dapat terwujud,” tutupnya. *rma

Komentar