nusabali

MPR RI Gandeng PWI Bali

Gelorakan Empat Pilar Kebangsaan di Masa Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-mpr-ri-gandeng-pwi-bali

DENPASAR, NusaBali
MPR RI terus menggelorakan empat pilar kebangsaan dengan memanfaatkan segala sektor, termasuk bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali.

Lantaran itulah Wakil Ketua MPR RI Dr Ahmad Basarah MH siap hadir secara virtual sekaligus membuka Webinar Nasional bertajuk ‘Peran Wartawan Menggelorakan Empat Pilar Kebangsaan di Masa Pandemi Covid-19’, Jumat (27/8) mendatang di Gedung PWI Provinsi Bali Komplek Niti Praja, Lumintang, Denpasar.

“Momen ini terasa pas berkaitan dengan Bulan Kemerdekaan dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 di tengah pandemi Covid-19,” ujar Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali, IGMB Dwikora Putra, Selasa (24/8). Dwikora mengatakan sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab pers nengambil peran turut menggelorakan empat pilar kebangsaan.

Lebih-lebih di era kekinian dengan munculnya media baru berbasis internet yang bernama media sosial yang mewarnai dunia informasi. "Media arus utama tetap harus hadir sebagai  penyalur informasi yang benar. Dengan menjalankan kaidah jurnalistik yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, media arus utama mempunyai nilai lebih dibanding media sosial,” ujarnya.

Dijelaskan, empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, merupakan warisan para pendiri bangsa yang luar biasa nilai filosofinya. Tidak lekang ditelan zaman dan tidak musnah oleh waktu. Apabila empat pilar kebangsaan dioperasionalkan serta dijalankan secara sungguh-sungguh dengan semangat seperti yang dimiliki para pendiri bangsa, niscaya tidak ada masalah negara yang tidak bisa dipecahkan atau diatasi, termasuk mengatasi pandemi Covid -19 yang kini masih melanda NKRI.

Webinar Nasional kerja sama MPR RI bersama PWI Provinsi Bali ini rencananya akan dipandu oleh Budiharjo (Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Bali) dengan menghadirkan tiga narasumber, yakni I Gusti Agung Rai Wirajaya (Anggota Komisi XI DPR RI), Dr Nyoman Subanda (Pengamat Politik Undiknas Denpasar) dan IGMB Dwikora Putra (Ketua PWI Bali). Webinar  yang digelar secara daring dan luring ini akan mengundang 200 peserta dari kalangan wartawan dan mahasiswa/pers kampus. *sur

Komentar