nusabali

Review Kurikulum, RPP Disederhanakan

  • www.nusabali.com-review-kurikulum-rpp-disederhanakan

AMLAPURA, NusaBali
Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, jadi pemateri workshop di aula Sabha Widya Praja Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Selasa (24/8).

Workshop ini untuk mereview Kurikulum 2013 dengan menyederhanakan bahan ajar dalam penyusunan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). RPP disusun jadi satu lembar menyangkut semua aspek bahan ajar.

Workshop terbatas hanya melibatkan 17 kasek SMP dengan protokol kesehatan secara ketat. Gusti Ngurah Kartika meminta peserta menyebarluaskan materi workshop ke sekolah-sekolah lainnya. “RPP nanti dirampingkan, hanya jadi satu lembar,” tegas Gusti Ngurah Kartika. Narasumber lainnya dari pengawas managerial I Made Dirga. Pengawas lainnya saling melengkapi memberikan materi penyederhanaan implementasi Kurikulum 2013.

Peserta workshop. Kasek SMPN 6 Amlapura, I Komang Suda mengatakan, materi RPP disusun sederhana, dipadatkan dalam satu lembar untuk diajarkan kepada murid. Penyusunan RPP mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar siswa di kelas. Ada tiga komponen dalam RPP yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. “RPP itu pegangan guru dalam mengajar di kelas. RPP dibuat untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar,” kata Komang Suda. *k16

Komentar