nusabali

Ruas Jalan Tamanbali-Guliang Kangin Akan Dilebarkan

  • www.nusabali.com-ruas-jalan-tamanbali-guliang-kangin-akan-dilebarkan

BANGLI, NusaBali
Ruas jalan Tamanbali-Guliang Kangin, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli tembus Desa Tulikup Kecamatan/Kabupaten Gianyar cukup ramai.

Menurut rencana, jalur alternatif tersebut akan dilebarkan. Pemkab Bangli mengalokasikan anggaran Rp 1,4 miliar untuk pelebaran jalan. Jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer itu rencananya dilebarkan jadi 4,3 meter dari lebar awal 3,5 meter.   


Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, I Wayan Lega Suprapta, mengatakan jalan Tamanbali-Guliang Kangin saat ini dengan lebar 3,5 meter. Jika ada kendaraan besar melintas dari arah berlawanan, salah satu kendaraan harus menepi hingga bahu jalan. “Jalan kabupaten ini sepanjang 1,5 kilometer, rencana dilebarkan lagi 80 centimeter dari lebar awal 3,5 meter,” ungkap Lega Suprapta, Selasa (24/8). Pelebaran jalan ini dengan anggaran dana insentif daerah (DID) sebesar Rp 1,4 miliar.

Wayan Lega Suprapta menambahkan, bulan September nanti sudah masuk Unit Layanan Pengadaan (ULP). Sekitar bulan Oktober sudah ada pemenangnya. Pekerjaan ditarget rampung pada akhir Desember. Selain pelebaran jalan, pada APBD perubahan juga dirancang kegiatan pengaspalan ruas jalan Yeh Panes Penegtegan yang merupakan jalur alternatif menuju Pura Ulun Danu Desa Songan, Kecamatan Kintamani. Anggaran diambil dari silpa (sisa lebih penggunaan anggaran) sebesar Rp 1,1 miliar.

Ada juga kegiatan dengan anggaran di bawah Rp 200 juta yakni rehabilitasi saluran drainase dan lapen di jalan Rajawali tepatnya samping RSU Bangli dengan anggaran Rp 190 juta, pelebaran jembatan Siladan- Sidawa, Desa Tamanbali dengan anggaran Rp 200 juta, dan rehabiltasi jalan Danau Petapan Batur dengan anggaran Rp 90 juta. *esa

Komentar