nusabali

Pandemi, 25 Perusahaan Ramaikan Job Fair

Digelar Online, Siapkan 750 Lowongan Pekerjaan

  • www.nusabali.com-pandemi-25-perusahaan-ramaikan-job-fair

SINGARAJA, NusaBali
Di tengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masa pandemi Covid-19, sebanyak 25 perusahaan swasta lokal masih membuka peluang untuk menerima pekerja baru. Puluhan perusahaan akan berpartisipasi dalam gelaran job fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng tahun ini.

Job fair tahun ini akan digelar online, yang akan dimulai hari ini Rabu (25/8). Dinas Tenaga Kerja Buleleng akan menyiapkan ruang zoom metting kepada para pengusaha untuk menyampaikan profil perusahaan dan jenis pekerjaan dan spesifikasi yang akan dicari.

Sekretaris Disnaker Nyoman Suarjana ditemui di ruang kerjanya Selasa (24/8) kemarin menjelaskan, pelaksanaan job fair semula diprogramkan melalui pameran langsung. Namun karena masih dalam Pembatasan Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masa pandemi dialihkan ke online. “Tahun ini pertamakalinya kami melaksanakan secara online. Nanti kami akan  share linknya di website kami disnaker.bulelengkab.go.id,” ujar Suarjana. Pelaksanaan job fair akan dilangsungkan selama sepekan dari tanggal 25-31 Agustus mendatang.

Pelaksanaan  job fair, menurut Suarjana untuk membantu masyarakat terutama yang lulusan baru dari SMA/SMK hingga perguruan tinggi, mendapatkan pekerjaan. Pameran bursa kerja ini juga disebutnya merupakan salah satu upaya menekan angka pengangguran terbuka di Buleleng.

Peluang kerja yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga disebut Suarjana dapat menjadi solusi dan jalan keluar bagi masyarakat yang terdampak PHK saat pandemi. Sehingga dia pun berharap, pemeran bursa kerja ini agar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjemput rejekinya melalui pekerjaan baru yang ditawarkan.

“Mudah-mudahan ini dengan job fair ini bisa membantu masyarakat kita yang belum mendapatkan pekerjaan maupun terdampak PHK karena pandemi,” harap dia. Sementara itu data Dinas Tenaga Kerja Buleleng dari 2.509 orang pekerja yang terdaftar di perusahaan swasta di Buleleng, yang dilaporkan kena PHK sebanyak 319 orang. Jumlah tersebut seluruhnya dari pekerja di sektor pariwisata. *k23

Komentar