nusabali

Bakar Sampah Sembarangan, ODGJ Diamankan Satpol PP

  • www.nusabali.com-bakar-sampah-sembarangan-odgj-diamankan-satpol-pp

MANGUPURA, NusaBali
Seorang pria paruh baya diamankan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung di kawasan Legian, Sabtu (21/8) sore.


Pria tersebut kedapatan membakar sampah sembarangan di sebuah lahan kosong yang terletak di Jalan Dewi Sri, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Badung. Usut punya usut, ternyata pria tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Guna mencegah aksi serupa, petugas langsung mengamankan pria tersebut untuk diserahkan ke Dinas Sosial.

Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan aksi pria ODGJ itu diketahui oleh masyarakat sekitar pada Sabtu sore. Setelah dilakukan pengecekan di lokasi, sesuai informasi dari masyarakat, yang bersangkutan tengah asik duduk sambil membakar sampah. Karena dikhawatirkan aksinya membahayakan lingkungan sekitar, petugas lalu mengamankan yang bersangkutan. “Kejadiannya kemarin (Sabtu) dan sudah menjadi atensi kita,” kata Suryanegara, Minggu (22/8) siang.

Dijelaskan, saat mengamankan pria tersebut sama sekali tidak menemukan kesulitan. Sebab yang bersangkutan menuruti perintah petugas. Setelah itu pria tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP BKO Kuta untuk dilakukan pendataan lebih lanjut. “Saat ini (kemarin) masih di Kantor Satpol PP BKO Kuta. kita masih mendata terkait asal usul pria tersebut,” jelas Suryanegara.

Menurut mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu, begitu pendataan selesai akan langsung dibawa ke kantor Dinas Sosial atau ke rumah sakit jiwa untuk penanganan lebih lanjut. Meski tidak membuat keonaran dan tidak menganggu warga, pihaknya tetap mengamankan pria itu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. “Kami khawatir dengan kondisi pria itu, makannya diperlukan penanganan/perawatan khusus. Kalau dibiarkan tentu tidak baik,” tandas Suryanegara.

Sementara Ketua LPM Legian I Wayan Puspa Negara, mengakui baru melihat pria tersebut berada di kawasan Legian. “Memang laporan awal dari masyarakat, kami langsung tindaklanjuti dan berkordinasi dengan Satpol PP. Saat ini sudah dalam penanganan petugas,” katanya. *dar

Komentar