nusabali

Kapolsek Melaya Anwar Sasmito Diganti

  • www.nusabali.com-kapolsek-melaya-anwar-sasmito-diganti

NEGARA, NusaBali
Polres Jembrana menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Polsek (Kapolsek) Melaya di Lapangan Apel Mapolres Jembrana, Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kamis (19/8).

Kapolsek Melaya yang sebelumnya dijabat Kompol Anwar Sasmito, diganti oleh Kompol I Made Katon.
Kompol Katon, sebelumnya menjabat Kasi Latpuan Subditbhabinkamtibmas Direktorat Binmas Polda Bali. Pergantian tersebut memancing tanda tanya warga, apakah mutasi ini karena ada kesalahan dari pejabat yang dimutasi, atau karena alasan khusus lainnya. Karena sangat jarang ada mutasi ‘istimewa’ seperti, dalam arti hanya satu perwira.

Upacara sertijab Kapolsek Melaya tersebut, dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Bali Nomor : KEP / 684 / VIII / 2021 Tanggal 11 Agustus 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di lingkungan Polda Bali. Upacara sertijab dipimpin langsung Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Adi Wibawa, dihadiri para jajaran perwira Polres Jembrana.

Kenapa hanya Kapolsek Melaya yang dimutasi, Kapolres Jembrana AKBP Adi Wibawa menjawab secara normatif. Menurutnya, mutasi jabatan itu merupakan hal yang wajar dalam institusi Polri. Mutasi ini untuk memberi kesemapatan pengembangan karir dan pengalaman kepada anggota Polri yang dimutasi. "Mutasi dilaksnakan berdasar keputusan pimpinan. Mutasi ini hal yang wajar. Bukan karena ada masalah," ujarnya.
        
Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Adi Wibawa mengatakan, mutasi jabatan pada hakikatnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan dan pembinaan organisasi. Mutasi juga memberi kesempatan penugasan bagi personel Polri untuk mengembangkan tugas dan kariernya. Atas nama pribadi serta keluarga besar Polres Jembrana, dirinya pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kompol Anwar Sasmito atas pengabdian yang tulus penuh loyalitas dan dedikasi selama menjabat sebagai Kapolsek Melaya.

“Kami mengucapkan selamatkan melaksanakan tugas yang baru sebagai Kanit 1 Subdit VIP Dit Pam Obvit Polda Bali. Semoga sukses dalam pengembangan karirnya,” ujarnya.

Kepada Kompol I Made Katon, Kapolres AKBP Adi Wibawa juga mengucapkan selamat melaksanakan tugas baru sebagai Kapolsek Melaya di lingkungan Polres Jembrana. Kapolres AKBP Adi Wibawa berharap agar cepat menyesuaikan dengan lingkungan tempat tugas yang baru. Begitu juga menciptakan suasana kerja yang harmonis dan seirama dalam melanjutkan program yang telah ada, serta ciptakan terobosan baru yang inovatif, cermat dan tepat dalam pelaksanaan tugas. “Saya yakin dan percaya  dengan pengalaman tugas dan dedikasi tinggi yang telah dimiliki akan mampu melaksanakan tugas menjaga Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat) di Kabupaten Jembrana,” ucapnya.

Selesai upacara sertijab tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan kenal pamit. Begitu juga dilaksanakan penyerahan cinderamata oleh Kapolres AKBP Adi Wibawa kepada Kapolsek Melaya dan personil Polres Jembrana yang mutasi. Kapolres AKBP Adi Wibawa juga berpesan kepada personil yang mutasi keluar Polres Jembrana untuk selalu menyayangi institusi Polri. Harapannya di tempat tugas yang baru, agar dapat menjalankan tugas dengan baik, dan apa yang menjadi hal-hal yang positif selama bertugas di Polres Jembrana agar dikembangkan di tempat tugas yang baru. *ode

Komentar