nusabali

Kasus Harian Positif Covid-19 di Denpasar Sudah Turun

  • www.nusabali.com-kasus-harian-positif-covid-19-di-denpasar-sudah-turun

DENPASAR, NusaBali.com - Tren penurunan kasus positif Covid-19 harian terjadi di Kota Denpasar. Dua hari terakhir angka penambahan kasus positif tercatat jauh menembus angka terendah dalam dua minggu terakhir.

Hari Senin (16/8/2021), dilaporkan oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar jumlah kasus positif sebanyak 227 orang, sementara Minggu kemarin sebanyak 266 orang. Angka-angka  ini jauh menembus angka terendah dalam dua minggu terakhir yakni 326 kasus yang  mana angka itu dilaporkan pada 9 Agustus 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktivitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada penerapan PPKM Level 4 Jawa-Bali. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan varian baru.

“Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan),” ujar Dewa Rai.

Sementara itu dalam laporan hari ini juga disebutkan, dari penambahan sebanyak 227 orang, sebanyak 30,40 persen atau 69 orang beridentitas atau ber-KTP luar Denpasar, dan 158 orang belum mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Kondisi ini menggambarkan tantangan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Denpasar dengan tipe masyarakat yang heterogen, sehingga diperlukan kerjasama berbagai pihak serta seluruh lapisan masyarakat, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM Level 4,” terang Dewa Rai.

Dengan data yang dikeluarkan hari ini, secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 32.960 kasus, angka kesembuhan mencapai angka 28.080 orang  (85,19 persen), meninggal dunia sebanyak 627 orang (1,91 persen), dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  4.253 orang (12,90 persen).

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, masih tingginya kasus Covid-19 di Bali tak luput dari sorotan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga menjadi Koordinator PPKM Jawa-Bali. Ia pun memberi perhatian khusus pada Bali dengan berkunjung langsung dan menemui Gubernur Bali I Wayan Koster, Kamis (12/8/2018).

Dalam kesempatan itu ia meminta Pemprov Bali bekerja keras menekan kasus positif dan memperbaiki penanganan Covid-19 di Bali. Luhut memberi waktu satu minggu kepada Gubernur Koster untuk memperbaiki penanganan Covid-19 terhitung sejak Kamis (12/8/2021). *adi

Komentar