nusabali

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot agar Laptop Lancar Kembali

  • www.nusabali.com-5-cara-mengatasi-laptop-lemot-agar-laptop-lancar-kembali

DENPASAR, NusaBali.com
Saat sedang bekerja atau mengerjakan tugas, lalu laptop nge-lag dan lemot, tentu sangat mengesalkan bukan?

Oleh sebab itu, Anda harus segera mencari cara mengatasi laptop lemot yang tepat agar laptop bias digunakan kembali dengan lancar. Pasalnya saat ini laptop menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi karena penggunaannya sangat vital, bias untuk bekerja, bersekolah dan kerjakan tugas lainnya. Bukan hanya itu, penggunaan laptop juga lebih lengkap dibandingkan dengan smartphone, sehingga perangkat ini memang diperlukan.

Semakin sering dan semakin lama digunakan, performa laptop akan menurun, sehingga proses loading menjadi lambat dan pekerjaan terhambat. Jika anda tidak segera melakukan cara mengatasi laptop lemot, maka laptop akan cepat rusak bahkan tidak bias digunakan sama sekali, alhasil Anda perlu beli yang baru.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ada beberapa penyebab laptop lemot mulai dari terlalu banyak aplikasi yang berjalan, penggunaan hardisk yang sudah terlalu lama, kapasitas hardisk sudah penuh dan laptop sering dimainkan. Agar tidak cepat rusak dan masih bias digunakan dengan nyaman, berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda lakukan, yaitu

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Ketika laptop sudah mulai melambat, cara mengatasi laptop lemot yang pertama yaitu dengan menguninstal aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Pasalnya terlalu banyak install aplikasi membuat kapasitas penyimpanan penuh dan laptop menjadi berat. Anda bias segera menyeleksi aplikasi mana sajakah yang sudah tidak digunakan agar tidak memenuhi penyimpanan

2. Pakai Antivirus

Banyaknya virus atau Malware juga dapat membuat perangkat laptop menjadi lemot. Oleh sebab itu, cara mengatasi laptop lemot yang satu ini dengan menggunakan aplikasi antivirus. Pilihlah anti-virus yang ringan dan sesuai dengan spesifikasi laptop agar bias digunakan dengan maksimal. Jangan lupa untuk selalu mengupdate anti-virus tersebut agar berbagai virus atau malware laptop dapat terbaca.

3. Bersihkan Cache Secara Berkala

Selain menginstal antivirus untuk membersihkan virus, Anda juga perlu membersihkan cache secara berkala agar laptop lancar. Anda dapat membersihkan cache di file manager, lalu klik kanan pada gambar hardisk, klik properties dan klik disk cleanup untuk membersihkan cache.

4. Meminimalisir Startup Program

Startup Program merupakan aplikasi-aplikasi yang load pertama kali ketika laptop dihidupkan, semakin banyak aplikasi startup program maka membuat laptop lambat. Oleh sebab itu, Anda dapat meminimalisir software yang dapat memberatkan laptop ketika proses booting.

5. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya yakni dengan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Pastikan anda mengetahui spesifikasi laptop yang anda miliki. 

Jika perangkat laptop Anda tidak memiliki memori yang banyak dan bukan termasuk laptop gaming, maka jangan menginstal game berat yang memenuhi penyimpanan karena laptop akan menjadi lemot.

Itulah 5 cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda lakukan agar laptop kembali berjalan lancar. Jika ingin membeli laptop baru atau barang elektronik lainnya, Anda bisa membelinya di shopee dengan mudah, aman dan praktis. Anda bias menggunakan layanan dan promo shopee cash on delivery untuk berbelanja lebih aman.

Shopee Cash on Delivery dapat dilakukan di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Jabodetabek, Jawa Barat, JawaTengah, Jawa Timur, Sumatera, Bali, NTT, Sulawesi dan Kalimantan.*

Komentar