nusabali

PYP Group Bagikan Sembako Sambut HUT Provinsi Bali dan HUT RI

  • www.nusabali.com-pyp-group-bagikan-sembako-sambut-hut-provinsi-bali-dan-hut-ri

DENPASAR, NusaBali.com - Bulan Kemerdekaan Agustus 2021, dimaknai Peduli Yatim Piatu (PYP) Group dengan melakukan aksi sosial kepada sesama.

Jelang HUT ke-76 RI dan hari jadi ke-63 Provinsi Bali, PYP Group kembali menggelar serangkaian kegiatan bagi-bagi sembako. Hingga Minggu (8/8/2021), PYP Group telah menyalurkan 11 paket sembako kepada 11 KK (Kepala Keluarga) di lima Kabupaten/Kota se-Bali.

"PYP Group bergerak untuk sedikit meringankan beban masyarakat khususnya dalam pemenuhan sembako. Ini adalah salah satu upaya kami dalam merawat kebhinekaan jelang hari jadi Provinsi Bali dan juga HUT RI," tutur I Komang Kusumaedi, koordinator PYP Group.

Kusumaedi menjelaskan pembagian sembako yang merupakan tahap I ini telah diberikan sejak 1 Agustus 2021 secara bertahap oleh para Relawan PYP Goup dibantu aparat lingkungan setempat. Bantuan terkhusus diberikan  kepada warga masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19 dan juga lansia yang sedang sakit.

Ia pun merinci jumlah penerima bantuan sembako yang diberikan di masing-masing kabupaten/kota yakni, Denpasar  5 KK, Badung 1 KK, Tabanan 1 KK, Karangasem 1 KK, dan Bangli 3 KK. Paket sembako, imbuhnya, berisi beras seberat 5 kg, telur 1/2 krat, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter, kopi 250 gram, teh celup 1 kotak, garam 1 bungkus, kecap 1 botol, saos cabe 1 botol, mie goreng 3 bungkus, mie kuah bungkus, dan masker 15 pcs.

"Semoga dapat membantu sekadar meringankan beban masyarakat, sehingga dalam jangka waktu satu minggu ke depan tidak lagi memikirkan untuk membeli sembako," ucap Kusumaedi yang juga Kabid Trantib Satpol PP Provinsi Bali.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika pembagian sembako tahap II  dan III rencananya akan dilaksanakan mulai minggu ke-2 bulan Agustus 2021 ini. Dijelaskannya, tahap II yang berjumlah 19 paket akan diberikan di Kabupaten Klungkung, Karangasem, dan Jembrana. Sementara tahap III, 7 paket,  dibagikan  di Kabupaten Gianyar dan Buleleng. Sehingga dari ketiga tahap program ini ada 37 paket yang akan disalurkan PYP Group.  

"Bantuan sembako untuk warga itu semuanya diusulkan oleh relawan-relawan PYP, aparat setempat maupun para tetangga sasaran dan menyampaikannya di medsos kepada PYP Group," terang Kusumaedi.

“Semoga bisa tuntas tanggal 17 Agustus 2021. Kalau tidak maka lanjut sampai akhir Agustus, karena jika donasi masuk lagi, maka bisa lebih dari 37 paket. Saya habiskan semua untuk bulan Agustus 2021,” imbuhnya.

Dijelaskannya lagi, untuk pembagian sembako di Kabupaten Klungkung (Nusa Penida)  akan dibarengi dengan pemberian bantuan kepada lima anak yatim piatu yang ada di Nusa Penida. Masing-masing anak akan diberikan donasi sebesar Rp 1,6 juta, pakaian layak pakai, serta keperluan lainnya.

Lima anak yatim piatu, disebutkan Kusumaedi, yakni  I Wayan Kajeng Juni Astrawan, kelas II SDN 8 Suana, Dusun Pelilit, Ni Kadek Diah Andini, kelas I SDN 8 Suana, Dusun Pelilit, Ni Wayan Mila Lovina, SMAN Satu Atap Lembongan, Desa Jungut Batu, Dusun /Banjar Kaje, I Made Wijaya, SMPN 2, Banjar Sakti, Desa Sakti, dan I Putu Sintya Diajeng Kirana, kelas III SD, Banjar Buah, Dusun Bayuh, Desa Kutampi.

Kusumaedi pun menyampaikan terima kasih atas donasi para donatur PYP Group. "Karena keterbatasan segalanya PYP Group baru bisa menyalurkan bantuan hanya di Bali saja dan sesuai dengan daftar usulan/antri. Namun, jumlah sembako yang disalurkan tiap saat bisa terus bertambah sesuai donasi yang masuk ke rekening PYP Group," ujarnya.

Untuk diketahui, PYP Group adalah komunitas yang membantu anak yatim piatu berupa uang sekolah dan paket sembako. Namun sejak mewabahnya Covid-19, dan karena banyak warga terdampak ekonominya akibat situasi dan kondisi Covid-19, maka PYP Group bergerak juga untuk membagikan, menyalurkan paket sembako kepada warga se-Bali, terutama untuk yang kena PHK, lansia, disabilitas, KK miskin, kena musibah/bencana alam hingga veteran pejuang yang sedang sakit. *adi

Komentar