nusabali

Ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Kesempatan Pelaku Ekonomi Kreatif untuk Maju

Pendaftaran Peserta Dibuka hingga 13 Agustus 2021

  • www.nusabali.com-ajang-apresiasi-kreasi-indonesia-2021-kesempatan-pelaku-ekonomi-kreatif-untuk-maju

JAKARTA, NusaBali.com – Pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, hingga  games punya kesempatan emas mengembangkan usahanya lewat program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021.

Program ini adalah inisiatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memberi apresiasi bagi para pelaku ekonomi kreatif yang tetap gigih di masa pandemi Covid-19 sekaligus memberi dukungan bagi pengembangan usaha yang digeluti masing-masing.

“Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk tetap berkarya dan berkeasi. Pagebluk harus menjadi momentum untuk bangkit dari keterpurukan khususnya bagi para pelaku ekonomi kreatif,” kata Menparekraf, Sandiaga Uno, Minggu (9/8/2021).

Para peserta AKI 2021 akan dibimbing Super Mentor yang punya kompetensi mumpuni di bidangnya masing-masing. Super Mentor ini nantinya bakal memberikan pelatihan kepada para peserta sesuai dengan kompetensinya. “Terbaik dari yang terbaik," ujar Sandiaga soal Super Mentor yang dimaksud. 

Mereka yang terlibat di antaranya Magadelena (Youtuber kuliner, entrepreneur), Rex Marindo (Founder Warunk Upnormal), Nilam Sari (Founder Kebab Baba Rafi), Yasa Singgih, Happy Salma, Yuda Wirafianto, Ridho Hafieds, Adib Hidayat, hingga Sandiaga Uno sendiri. 

"Yang jelas manfaat AKI ini cukup besar ya. Dibimbing mentor terbaik, publikasi produk dan peningkatan penjualan, sampai perluasan jaringan bisnis," tambah menteri yang pernah menjadi Ketua Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) ini. 

AKI 2021 dirancang sebagai program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan. 

Adapun kota penyelenggara ada 16 antara lain, Bogor, Bandung, Semarang, Surakarta, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Makassar, dan Balikpapan. 

Bagi pelaku ekonomi kreatif yang ingi makin berkembang dipersilakan mendaftar hingga 13 Agustus 2021 mendatang melalui laman www.apresiasikreasiindonesia.com. 

Selepas pendaftaran, produk dari tiap peserta akan dikurasi. Mereka yang terpilih selanjutkan akan mengikuti technical meeting untuk persiapan pameran di kota/kabupaten setempat. Selanjutnya produk yang terpilih dari daerah akan mengikuti pameran di Jakarta. *mao



Komentar