nusabali

Stok Vaksin Masih Kurang dari Jumlah Sasaran

Tenaga Kesehatan di Tabanan Mulai Vaksinasi Ketiga

  • www.nusabali.com-stok-vaksin-masih-kurang-dari-jumlah-sasaran

Target nakes di Tabanan yang akan menerima booster vaksin berjumlah 3.480 orang. Sedangkan jumlah vaksin sebanyak 240 vial, yang bisa mencakup 3.360 orang nakes.

TABANAN, NusaBali

Tenaga kesehatan (nakes) yang merawat dan menangani pasien Covid-19 di Tabanan mulai menerima booster atau vaksin dosis ketiga. Vaksinasi tersebut sudah berlangsung sejak Selasa (3/8). Di Tabanan target tenaga kesehatan untuk menerima booster berjumlah 3.480 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika, menjelaskan vaksin yang sudah diterima untuk tenaga kesehatan sebanyak 240 vial jenis Moderna. Dari jumlah tersebut hanya bisa mencakup tenaga kesehatan sejumlah 3.360 orang. “Kekurangan vaksin untuk tahap ketiga akan dipenuhi secara bertahap,” tegas dr Suratmika, Rabu (4/8).

Kata dia pemberian vaksinasi terhadap tenaga kesehatan ini dilakukan bertahap. Skemanya vaksin akan disebar ke fasilitas kesehatan. Kemudian tenaga kesehatan sendiri yang mengatur pemberian vaksinasi. “Pemberian vaksinasi bertahap, yang pertama kami berikan kepada nakes yang kontak langsung dengan pasien,” tegas dr Suratmika.

Sementara mengenai target tuntasnya pemberian booster tersebut, Tabanan optimis menyelesaikan pekan ini. Di samping itu vaksinasi nakes sudah mulai dilakukan Selasa (3/8). “Kami akan selesaikan sampai pekan ini untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes,” tandas dr Suratmika.

Kepala Puskesmas Selemadeg Barat dr Wayan Arya Putra Manuaba menambahkan, vaksinasi terhadap tenaga kesehatan sudah dilakukan mulai Selasa (3/8), secara bergilir. “Pemberian vaksin kami lakukan setelah pelayanan shift pagi,” ujarnya.

Ditegaskannya, jumlah tenaga kesehatan yang diberikan vaksinasi dosis ketiga ini sejumlah 84 orang. Namun tidak semua bisa dilakukan vaksinasi karena sejumlah faktor. Di antaranya memiliki penyakit hipertiroid, belum 3 bulan dari vaksin kedua, dan juga belum 3 bulan dari terpapar Covid-19 karena terpapar dari keluarganya. “Yang sempat terkonfirmasi hanya menderita gejala ringan dan sudah mendapatkan vaksinasi lengkap,” tandas dr Putra Manuaba.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Tabanan belum melandai. Per 4 Agustus 2021, kasus baru bertambah 152 orang disertai dengan meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3 orang. Meskipun terjadi tambahan kasus, kabar baiknya terjadi tambahan pasien sembuh mencapai 66 orang.

Secara akumulatif kasus positif Covid-19 di Tabanan mencapai 7.942 orang, dalam perawatan 1.514 orang, dinyatakan sembuh 6.078 orang, dan meninggal dunia 350 orang. *des

Komentar