nusabali

Inovasi ‘Patriot’ Dinobatkan Sebagai Outstanding Achievement of Public Service Innovation

  • www.nusabali.com-inovasi-patriot-dinobatkan-sebagai-outstanding-achievement-of-public-service-innovation

MANGUPURA, NusaBali
Langkah Pemerintah Kabupaten Badung menciptakan inovasi Pendeteksi Area Tangkapan Ikan Menggunakan Sistem Internet of Things (Patriot) untuk memudahkan nelayan dalam menangkap ikan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Inovasi yang digagas oleh Badan Litbang Kabupaten Badung ini dinobatkan sebagai Outstanding Achievement of Public Service Innovation pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kementerian PANRB dan UG TV, Kamis (29/7).

Atas prestasi ini, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan rasa syukur. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kementrian PAN-RB. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Badung kami menyampaikan terima kasih kepada Menteri PAN-RB, Bapak Tjahjo Kumolo beserta jajaran, karena inovasi Patriot Kabupaten Badung dinobatkan sebagai Outstanding Achievement of Public Service Innovation pada ajang KIPP 2021,” ujar Giri Prasta.

Menurut Bupati Giri Prasta, ajang KIPP merupakan salah satu bagian penting dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi. Selain itu, inovasi merupakan kunci transformasi sekaligus jadi modal untuk memenangkan persaingan global. “Inovasi juga menjadi sangat penting untuk menjadikan Badung sebagai kabupaten yang juara, unggul, dan terdepan di berbagai bidang,” kata Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang.

Sementara itu, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaran pelayanan publik yang dilaksanakan pemerintah sebenarnya telah mengalami berbagai peningkatan. Namun, belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. “Oleh karena itu dalam rangka mencapai visi reformasi birokrasi diperlukan percepatan dan upaya luar biasa, agar menciptakan perubahan kepada tradisi, pola, dan cara baru,” tegasnya.

“KIPP bukan sekedar kompetisi atau lomba yang rutin untuk mencari sebuah pemenang. Tapi menjaring inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh instansi pemerintah memberikan apresiasi bagi penyelenggara yang berkinerja luar biasa dalam memberikan pelayanan, serta memotivasi penyelenggara pelayanan publik,” paparnya.

Sedangkan Kepala Badan Litbang Kabupaten Badung Wayan Suambara, mengatakan inovasi Patriot ini merupakan pengembangan dari aplikasi FishGo sebagai inovasi awal yang pernah dikompetisikan. Pada Tahun 2019 FishGo telah berhasil masuk dalam Top 99, kemudian TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik. Tahun ini dikompetisikan oleh KemePAN-RB sebagai kategori khusus.

Dalam rentang waktu 3 tahun, Aplikasi FishGo yang sekarang dinarasikan dengan Patriot, awalnya hanya memiliki 3 fitur. Kemudian saat ini telah bertambah menjadi 10 fitur. Adanya temuan rekayasa baru berupa alat fish finder berbasis Internet of Things (IoT) yang diberi nama NBM-20 dan penggunanya saat ini telah mencapai ribuan orang. “Saya berharap tahun depan kami mendapatkan dana untuk penyempurnaan alat NBM-20,” harap Suambara. @ ind

Komentar