nusabali

Berawal dari Iseng, Pengusaha Properti Ini Moncer di Bisnis Game Online

  • www.nusabali.com-berawal-dari-iseng-pengusaha-properti-ini-moncer-di-bisnis-game-online

DENPASAR, NusaBali.com – Lebih dikenal sebagai pengusaha properti dan IT (Information technology), kini nama Budi Oktavianes juga berkibar di arena bisnis game online, khususnya Mobile Legend.

Meskipun awalnya hanya iseng-iseng,  lambat-laun hobi yang digeluti makin moncer alias sukses menjadi ladang bisnis barunya. "Saya memang punya impian memiliki bisnis teknologi digital yang tidak mengharuskan bertatap muka dengan konsumen. Dan bisnis game online Mobile Legend adalah salah satu upayanya," kata pengusaha kelahiran Bali, 7 Oktober 1986 ini.

Main game Mobile Legend diakui Budi awalnya hanya  untuk menghilangkan kepenatan dan mengisi waktu luang. “Tapi kok banyak teman yang pada ikutan,” kata Budi. “Untuk merespons antusias teman-teman. Akhirnya saya membentuk tim yang saya beri nama DTS Esport,” lanjut Budi.  

DTS ini adalah singkatan dari nama museum action figure Denpasar Toys Studio. Tapi saat Budi mulai mengembangkan usaha-usaha digital lain, maka singkatan DTS ini diubah menjadi Dream To Succes. “Bukan Dream For Freedom ya.. hahaha," kelakarnya.

Obsesi mengembangkan bisnis digital diakui Budi sudah ada dalam pemikirannya sedari dulu. Sekarang dari hasil bisnis digitalnya, muncul beberapa usaha baru. DTS Bali sebagai galeri action figure, DTS Esport untuk game Mobile Legend, PUBG, free fire. “Kami  bentuk tim dan berlatih menghadapi perlombaan lokal," kata Budi bangga.

Namun untuk mengembangkan game Mobile Legend ke arah yang lebih besar dan menasional, Budi mengaku masih menahan diri. Pasalnya, bisnis di era digital ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. “Harus siap  anggaran Rp 15 miliar. Untuk itu saya  belum proyeksikan secara komersil, masih sebatas hobi,"  jelas Budi.

Selain itu masih ada DTS Enterprise. Unit usaha ini mengelola komunitas youtuber gaming musik dan podcast. Sementara DTS Musika Studio membagikan video cover lagu karya anak bangsa yang ingin dipublikasikan di YouTube. “Kebetulan chanel YouTube saya  memiliki sekitar 3,9 juta subscriber," ungkap Budi.

Sementara itu akun Mobile Legend di YouTube sudah di atas 500 ribu follower, di Instagram hampir 600 ribu follower dan di TikTok sekitar 300 ribu follower. "Kalau akun quotes di Instagram saya, yang ngelola lumayan banyak,” ujar Budi.

Yang sudah lumayan gede ada beberapa, salah satunya recehkocak_id memiliki  1,1 juta follower. Lalu ada   pejuang.harapan 300k follower,  zodiak harian_id  290k follower, sandykinos_ini 430k follower. “Total SIG ada 30 akun instagram yang saya kelola bersama tim kreator dan 25 akun YouTube rata-rata  di atas 100k subscriber. Itu kebanyakan konten game,” urai pengusaha yang kini tengah sibuk mempelajari seputar trading mining crypto ini. 

Komentar