nusabali

Anthony Waspadai Chen Long

Ahsan / Hendra Gagal Raih Perunggu

  • www.nusabali.com-anthony-waspadai-chen-long

Pelatih Hendry Saputra Ho meminta Anthony agar dapat lebih mempelajari perubahan permainan yang pasti akan dilakukan Chen Long. Lebih lanjut, Hendry juga mengatakan akan mencari strategi tepat untuk Anthony ke final.

TOKYO, NusaBali
Pelatih bulutangkis tunggal putra Indonesia Hendry Saputra Ho meminta Anthony Sinisuka Ginting tetap waspada menghadapi pemain China Chen Long di semifinal Olimpiade Tokyo 2020. Sedangkann pasangan Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal membawa pulang medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, setelah kalah kontra ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 21-17, 17-21, 14-21.

Ya, Anthony melaju ke semifinal usai menumbangkan pemain tunggal putra Denmark Anders Antonsen 21-18, 15-21, 21-18, Sabtu (31/7). Chen Long, yang juara Olimpiade Rio 2016, juga lolos ke semifinal melalui rubber set untuk mengalahkan pemain Taiwan Chou Tien-chen, 21-14, 9-21, 21-14.

Selanjutnya, Anthony akan menghadapi unggulan keenam asal China, Chen Long. Meski Anthony punya rekor pertemuan cukup baik dari Chen Long, kata Hendry, hal itu tidak bisa jadi tolok ukur pada hasil pertandingan. 

Hendry meminta Anthony agar dapat lebih mempelajari perubahan permainan yang pasti akan dilakukan Chen Long. Lebih lanjut, Hendry juga mengatakan akan mencari strategi tepat untuk Anthony ke final.

"Meski Anthony unggul, kita tidak bisa bilang pasti menang (lawan Chen). Tapi, kami harus pelajari perubahan Chen, kondisi fisiknya dan perubahan lainnya agar kami dapat menentukan strategi yang tepat,” ujar Hendry Saputra.

Anthony pun merasa bahagia ke semifinal. Pencapaiannya kali ini dinilai sebagai salah satu yang sangat berarti sepanjang kariernya. Menurutnya, Olimpiade satu impian terbesarnya sebagai pebulutangkis.

Meski mampu mengatasi Antonsen, Anthony mengakui dirinya sempat gugup pada gim penentuan. "Poinnya sangat dekat di pertandingan terakhir. Memang terlihat kami sama-sama gugup. Tapi di gim terakhir (ketiga) saya mencoba bermain lebih menyerang untuk mendapat poin," ujar Anthony, di laman resmi BWF.

Duel di semifinal nanti menjadi pertemuan ke-13 antara Anthony vs Chen Long. Sejauh ini, Anthony menang delapan kali dan kalah empat kali. Keduanya terakhir kali bertemu di BWF World Tour Finals 2019 dan  Anthony unggul 21-15, 21-15. Di semifinal tunggal putra lainnya, tunggal putra nomor dua dunia asal Denmark, Viktor Axelsen akan menghadapi pemain Guatemala, Kevin Gordon. *

Komentar