nusabali

Kekurangan 102 Pelamar Guru PPPK

  • www.nusabali.com-kekurangan-102-pelamar-guru-pppk

Khusus formasi guru SD, paling banyak dibutuhkan yakni guru kelas.

AMLAPURA, NusaBali
Pemkab Karangasem dapat 965 formasi untuk guru berstatus PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Jumlah pelamar sebanyak 863 orang. Sebanyak 102 kuota tanpa pelamar. Kabupaten Karangasem pun tetap terancam kekurangan guru.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem I Gusti Gede Rinceg mengaku tidak mengetahui di formasi apa tanpa pelamarnya. Sebab yang memverifikasi PPPK adalah pemerintah pusat. “Yang jelas, sebanyak 102 formasi belum ada pelamarnya,” ungkap Gusti Gede Rinceg didampingi Sekretaris BKSDM I Nyoman Merta Suyasa di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati Amlapura, Jumat (30/7).

Dijelaskan, nantinya terbuka kesempatan gelombang ketiga untuk pelamar umum yang telah mengajar sebagai guru kontrak dan telah masuk dapodik (data pokok pendidikan), serta telah ikut PPG (pendidikan profesi guru). Tetapi kecil kemungkinan ada penambahan pendaftar. Disebutkan, formasi didapatkan dari pusat beragam, misalnya untuk calon guru tingkat SMP, formasi calon guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 46 formasi nantinya ditempatkan di 26 SMP negeri. Terbanyak untuk SMPN 2 Amlapura sebanyak 5 formasi, SMPN 3 Manggis, SMPN 1 Rendang, dan SMPN 1 Sidemen masing-masing sebanyak 3 formasi.

Sedangkan guru bahasa Inggris hanya 3 formasi untuk SMPN 2 Abang, SMPN 1 Kubu, dan SMP Satu Atap Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu. Sedangkan formasi guru bimbingan dan konseling cukup banyak untuk 34 SMP. “Paling banyak untuk SMPN 2 Amlapura sebanyak 6 formasi, menyusul SMPN 1 Manggis sebanyak 5 formasi," jelasnya. Sedangkan guru mata pelajaran IPA untuk 7 SMP negeri, formasi guru IPS untuk 2 SMP negeri, selebihnya guru Penjaskes, PPKN, kewirausahaan, dan seni budaya. “Khusus untuk formasi guru SD, paling banyak dibutuhkan yakni guru kelas,” ujar mantan Plt Sekda Karangasem ini.

Dari 863 pelamar yang dinyatakan telah lulus administrasi, belum tentu nantinya bisa diterima setelah tes dilakukan. Sebab masih ada ketentuan khusus, skornya yakni wajib memenuhi passing grade. Mengenai jadwal testing menggunakan CAT (computer assisted test) dan passing grade, pengumumannya menyusul. 7 k16

Komentar