nusabali

Kadaluwarsa, Puluhan Jenis Obat Dimusnahkan

  • www.nusabali.com-kadaluwarsa-puluhan-jenis-obat-dimusnahkan

NEGARA, NusaBali
Berbagai obat yang telah kadaluwarsa di RSUD Negara, dimusnahkan di halaman belakang area Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RS setempat, Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, Jumat (30/7). Dalam pemusnahan ini, ada 25 jenis obat yang diberangus.

Pemusnahan obat kadaluwarsa yang dilaksanakan Jumat sekitar pukul 10.30 Wita tersebut, dihadiri sejumlah Kabid dan Kasi RSU Negara. Obat-obatan termasuk vitamin yang ada dalam kemasan botol, ampul, vial, kotak, hingga pepel ini, terlebih dahulu dimasukan ke dalam sebuah drum besi dan selanjutnya dibakar.

Jumlah per jenis obat yang dimusnahkan itu bervariasi. Ada yang hanya di bawah satu buah, hingga ada yang mencapai ratusan. Dalam melaksanakan pemusnahan tersebut, juga kembali dicek jumlah per jenis obat yang dimusnahkan.

Direktur RSU Negara dr Ni Putu Eka Indrawati, mengatakan tanggal kadaluwarsa obat tersebut bervariasi. Biasanya untuk obat yang telah kadaluwarsa akan dicatat dan dipisahkan. Jika dirasa sudah cukup banyak obat kadaluwarsa, barulah dilakukan pemusnahan melalui proses pelaporan ke Pemkab Jembrana. “Karena tadi (kemarin) jumlahnya tidak begitu banyak, langsung dibakar di drum. Kalau banyak, baru biasanya dibakar di incinerator (mesin pembakar),” kata dr Indrawati. 7 ode

Komentar