nusabali

Usia 30 Tahun, IGN Made Yudhi Saputra Dipercaya Menjadi Dekan

  • www.nusabali.com-usia-30-tahun-ign-made-yudhi-saputra-dipercaya-menjadi-dekan

DENPASAR, NusaBali.com – Di usia yang belum genap 30 tahun, Ns I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra SKep MM dipercaya menjadi Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Bali Internasional (UNBI) Denpasar.

Pelantikan pria kelahiran Badung 28 Agustus 1991 ini dilakukan oleh Rektor Universitas Bali Internasional (UNBI) Prof Dr dr I Made Bakta SpPD- KHOM pada Kamis (29/7/2021).

Kini I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra menjadi salah satu dekan termuda di Indonesia, dan hanya di belakang Dian Syahfitri yang di usia 28 tahun dilantik menjadi Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (UNPRI) Sumatera Utara.

Seusai pelantikan, I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra yang kerap disapa Yudhi menegaskan mendukung program pemerintah Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, yakni, kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.  

“Untuk itu kami akan melakukan penyesuaian kurikulum sehingga lulusanbisa diserap dunia kerja,” ujar akademisi yang tinggal di Jero Tanjung, Banjar Kaja Kangin, Desa Cemagi, Mengwi, Badung ini.
.
Upaya itu dalam memastikan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan UNBI memasuki revolusi 4.0 yang sudah mengarah digital. Padahal sebelum pandemi, pembelajaran lewat teknologi (e-learning) sulit diterapkan sepenuhnya oleh Indonesia, tapi pandemi telah memaksa sektor pendidikan termasuk UNBI berbasis digital, kecuali mata kuliah yang memerlukan praktik. 

“Dengan adanya pandemi Covid -19, momentum tranformasi digital yang lebih cepat sehingga dosen-dosen bisa lebih lihai  menggunakan teknologi,” ujar putra dari pasangan 
I Gusti Putu Sukarteja dan Ni Ketut Watri ini.

Yudhi sendiri mengaku terinspirasi sosok Prof I Made Bakta yang merupakan mantan Rektor Universitas Udayana (Unud).  Pelajaran yang diterima dari Prof Bakta sungguh berharga sejak  bekerja sebagai Pegawai Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia maupun Sekretaris Rektor Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali yang saat ini telah naik status menjadi Universitas Bali Internasional (UNBI).

Perjalanan hoidup Yudhi sendiri sudah penuh liku sedari awal. Sosok ini lahir prematur umur 5,5  bulan dalam kandungan, sehingga saat itu berjuang dari dua lobang hidung, satu lobang untuk oksigen dan satu lobang untuk nutrisi.

Perjuangannya melewati ujian dilalui dengan penuh semangat. Bahkan langganan meraih prestasi akademik dan non akademik.  

Pendidikan:
- TK Dwi Kumara Cemagi (1997-1998)
- SD Negeri 2 Cemagi (1998-2004)
- SMP Widya Bhuana Munggu (2004-2007)
- SMA Negeri 2 Mengwi (2007-2010)
- Prodi S1 Keperawatan STIKes Wira Medika PPNI Bali (2010- 2014)
- Prodi Profesi Ners STIKes Wira Medika PPNI Bali (2014- 2015)
- Magister Manajemen Universitas Pendidikan Nasional (2015- 2017)
- Saat ini Mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran  FK Unud


Karier:
- Pegawai Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia (2015-2016)
- Sekretaris Rektor Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali (2016-2019)
- Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit UNBI (2017-saat ini)
- Wakil Dekan Fakultas Ilmu — Ilmu Kesehatan UNBI (2019-2021)
- Direktur Utama PT Bali Internasional Press (2020-saat ini)
- Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan UNBI (2021-saat ini)

Lain-lain:
- Konsultan akreditasi
- Konsultan marketing
- Pembina unit inkubator bisnis
- Ketua Tim Khusus dalam hal pengembangan institusi seperti penyusunan program studi baru, perubahan bentuk perguruan tinggi dan sebagainya.

Komentar