nusabali

ITDC Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

  • www.nusabali.com-itdc-terapkan-aplikasi-pedulilindungi

MANGUPURA, NusaBali
Indonesia Toursm Development Coorporation (ITDC) mulai menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Penerapan aplikasi itu guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung dan wisatawan yang beraktivitas di dalam kawasan.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan penggunaan aplikasi ini merupakan implementasi dari program Digital Tracing Covid-19 PeduliLindungi di lokasi pariwisata. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi di dalam kawasan The Nusa Dua dilakukan dengan menyediakan Quick Response (QR) Code di masing-masing lokasi wisata, seperti hotel, restoran, dan fasilitas lain yang wajib discan oleh setiap pengunjung.

“Saat ini 15 hotel, 6 fasilitas, pulau peninsula, serta Kantor ITDC di kawasan The Nusa Dua telah memiliki QR Code aplikasi PeduliLindungi, yang dipasang pada pintu masuk,” kata Ardita, Rabu (29/7).

Ardita mengaku menyambut baik program digital tracing melalui QR Code aplikasi mengatakan dengan penerapan QR Code di kawasan The Nusa Dua sangat membantu dalam memonitor kepadatan pengunjung serta mengetahui indikator resiko berdasarkan kapasitas maksimal hotel maupun fasilitas yang dikelola. Sementara bagi pengunjung, penggunaan QR Code ini akan memudahkan mengetahui kapasitas dan ketersediaan tempat di lokasi yang dikunjungi. 

“Terdapat dua QR Code yang disediakan oleh setiap tenant, terdiri dari QR Code untuk check-in dan QR Code untuk check-out. Pengunjung yang telah melakukan scan QR Code check-in secara otomatis akan terdaftar sebagai ‘penduduk’ sementara di lokasi yang dikunjungi, sampai saat meninggalkan lokasi dan melakukan scan QR Code check-out,” jelasnya.

Dengan sistem check-in dan check-out di aplikasi PeduliLindungi ini, data pengunjung akan tersimpan lengkap di dalam dashboard berbasis website yang dimiliki masing-masing hotel, untuk kemudahan tracking. Jika nantinya ada indikasi kasus Covid-19, maka pengunjung lain yang berada dalam lokasi yang sama secara otomatis akan terhitung sebagai orang dalam pantauan (ODP) atau bagian dari tracing, sehingga dapat memperoleh penanganan selanjutnya dalam waktu cepat.

“Penerapan QR Code aplikasi PeduliLindungi di The Nusa Dua ini melengkapi sejumlah upaya ITDC dalam memitigasi penyebaran Covid-19, yang dicanangkan sebagai green zone atau kawasan bebas Covid-19 untuk mendukung pemulihan pariwisata Bali,” kata Ardita.

Saat ini kawasan The Nusa Dua beserta seluruh hotel telah menjalankan tata kelola berbasis protokol kesehatan (prokes) yang tersertifikasi sesuai protokol cleanliness, health, safety and environmental sustainability (CHSE). Selain itu, ITDC juga telah menyelesaikan program vaksinasi bagi seluruh pekerja berikut masyarakat desa penyangga. 7 dar

Komentar