nusabali

48.074 Warga Kota Denpasar Belum Tercover BPJS Kesehatan

  • www.nusabali.com-48074-warga-kota-denpasar-belum-tercover-bpjs-kesehatan

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 48.074 warga Kota Denpasar belum tercover fasilitas BPJS Kesehatan. Jumlah tersebut dari total sebanyak 651.601 warga ber-KTP Denpasar. Pemkot Denpasar kini terus mengejar agar cakupannya semakin meningkat mencapai 98 persen sesuai target nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini dalam rapat dengan Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Denpasar, Kamis (29/7), mengatakan pihaknya akan terus mengejar target agar cakupan warga yang masuk BPJS sebanyak 98 persen terselesaikan. 

Sri Armini menambahkan, untuk saat ini cakupannya baru 91 persen lebih. “Jumlah warga Denpasar berdasarkan data terakhir sebanyak 651.601 jiwa. Dari jumlah itu, 480.792 jiwa yang sudah memiliki BPJS secara mandiri. Sedangkan sebanyak 48.574 premi BPJS-nya dibayarkan oleh pemerintah, karena tergolong warga miskin,” kata Sri Armini.

Selain itu, ada pula warga yang masuk BPJS kelas 3 yang mendapat subsidi dari APBD Kota Denpasar sebanyak 74.161 orang. Untuk jumlah ini pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 24 miliar. Sementara itu, tahun 2022 mendatang, Pemkot Denpasar akan menambah dana sekitar Rp 5,8 miliar untuk pembayaran BPJS. Hal ini dilakukan untuk mengejar cakupan 98 persen.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kota Denpasar dari Fraksi Demokrat AA Susruta Ngurah Putra meminta kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial agar alokasi dana ini bisa tepat sasaran. Jangan sampai ada warga yang seharusnya mendapat subsidi malah tidak dapat subsidi. Sementara yang seharusnya tidak perlu subsidi malah mendapat subsidi. “Saya minta agar data yang mendapat subsidi ini jelas. Saya minta agar ada by name by address. Jangan sampai salah sasaran, dan itu bisa membuat kecemburuan di masyarakat,” kata Susruta.

Menanggapi hal itu, Sri Armini memastikan penerima subsidi BPJS Kesehatan yang akan dibayarkan pemerintah pasti berdasarkan by name by address. Karena semua ada kartunya sehingga ada nama dan alamatnya. 7 mis

Komentar