nusabali

Bupati Suwirta Buka Padat Karya Jalan Tani di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-padat-karya-jalan-tani-di-nusa-penida

SEMARAPURA,NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka kegiatan padat karya infrastruktur pembukaan jalan tani di Desa Kutampi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (29/7). Jalan ini dari Banjar Ponjok menuju Dusun Pulagan, desa setempat.

Padat karya tersebut mengerjakan pembukaan badan jalan sepanjang 1.050 meter dengan biaya dari APBD Klungkung Rp 181 juta. Pengerjaan melibatkan tenaga kerja dari warga lokal 88 orang, selama 20 hari, dengan total upah keseluruhan Rp 120 juta. "Pembukaan badan jalan ini untuk mempermudah akses warga melintas ke antar lokasi," ujar Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Klungkung I Nyoman Sukadana.

Bupati Suwirta mengatakan meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemkab Klungkung masih bisa menyisihkan anggaran untuk program padat karya. Warga yang mengerjakan kegiatan ini diharapkan selalu taat mengikuti protokol kesehatan dengan baik. 

Kebersihan lingkungan juga menjadi perhatian Bupati, masyarakat sekitar diminta untuk menjaga lingkungan terutama agar tidak ada sampah plastik yang berserakan dipinggir jalan. "Semoga program ini nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha pertanian," harapnya. 

Selain itu, masih dihari yang sama, Bupati Suwirta menutup kegiatan padat karya infrastruktur di Jalan Banjar Antapan menuju Pura Batu Seha dan Pantai Seha, Desa Batukandik, Nusa Penida. Kegiatan ini juga dikerjakan oleh masyarakat 88 orang selama 20 hari.

Pengerjaan badan jalan sepanjang 1.800 meter ini menggunakan dana APBD Klungkung. Bupati Suwirta berharap generasi muda di sini bisa nantinya ikut mempromosikan ke sosial media (sosmed) salah satu objek wisata baru yakni Pantai Seha. Selain itu, padat karya ini agar bisa dimanfaatkan dan dijaga masyarakat dengan sebaik-baiknya. 7wan

Komentar