nusabali

Sambut Hari Anak Nasional, 45 Anak-Anak Ikuti Lomba Gianyar CERIA

  • www.nusabali.com-sambut-hari-anak-nasional-45-anak-anak-ikuti-lomba-gianyar-ceria

GIANYAR, NusaBali.com – Masa PPKM yang lebih banyak dilalui di rumah, bukan berarti menghentikan kreativitas. Seperti yag dilakukan puluhan anak-anak di Gianyar yang belum lama ini memeriahkan Hari Anak Nasional dengan mengikuti lomba ‘Anak Gianyar CERIA.

Sebanyak 19 anak mengikuti lomba menyanyi lagu daerah Bali, sedangkan untuk lomba bermain permainan konvensional terdata 26 anak. “Total ada 45 anak-anak yang mengikuti event menyambut Hari Anak Nasional 2021,” kata Ida Bagus Sony Andara Putra, Ketua Panitia Lomba Anak Gianyar CERIA, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan yang digagas oleh Semeton Jegeg Bagus Gianyar ini tidak memerlukan mobilitas bagi peserta. Karena penampilan peserta lomba tetap dilakukan dari rumah masing-masing. Begitu juga dewan juri melakukan penilaian dari rumah masing-masing. “Kendalanya di lomba menyanyi hanya pada jaringan  internet,” kata IB Sony.

Anak Gianyar CERIA sendiri maksudnya adalah dimaksudkan tetap kreatif dan berempati pada situasi pandemi yang sedang terjadi. Karena itu CERIA di sini dimaksudkan sebagai Creative, Expressive, Responsive, Inspirative, and Aware to Covid-19

“Segala kegiatan lomba meskipun berlangsung dari rumah, diharapkan tetap menerapkan prokes yang ketat. Karena salah satu visi kami, adalah mewujudkan anak yang peduli terhadap situasi pandemi saat ini,” ujar IB Sony.

Kegiatan lomba diadakan khusus untuk anak-anak 6-12 tahun yang berasal dari Kabupaten Gianyar. Selain itu para peserta lomba tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. 
Pada juara di masing-masing lomba mendapat  piala, piagam dan hadiah menarik sebagai apresiasi bakat serta usaha anak dalam mengikuti lomba. Adapun penjurian dilakukan oleh anggota Semeton Jegeg Bagus Gianyar.

Ida Bagus Sony pun berharap, agar anak-anak Gianyar lainnya dapat terinspirasi dengan terlaksananya, lomba Anak Gianyar ceria tersebut. Sehingga nantinya anak-anak Gianyar dapat memiliki kreativitas yang tinggi, serta dapat mengekspresikan dirinya sebagai anak-anak yang ceria, peka terhadap lingkungan sekitar. “Tujuan utamanya adalah agar anak-anak Gianyar tetap memiliki kreativitas meskipun di masa pandemi, maupun PPKM. Dan juga peduli serta tanggap akan Covid-19 yang sedang melanda,” ujarnya

IB Sony lebih lanjut menjelaskan bahwa, kegiatan Anak Gianyar CERIA memiliki tujuan lainnya seperti, memupuk kebersamaan serta kedekatan anak dengan orangtuanya sehingga dapat terjalin hubungan yang harmonis antara anak dan orangtua. “Masa pandemi juga merupakan masa rawan dengan adanya kekerasan, dikarenakan masalah ekonomi,” tutupnya. *rma


Hasil Lomba
Kategori lomba bermain permainan konvensional 
1. Orlenbellvani Jemira
2. Candani Arabel D
3. Okta Ambara Santhi
4. Krisnanda Putra (Harapan I)
5. Prabu Kanannda D (Harapan II)
6. Mirah Widia PP (Harapan III)


Kategori lomba menyanyikan lagu anak daerah Bali 
1. Widia Pradnyasuari
2. Sumarditya Aprillio
3. Malika Galuh S
4. Mas Dewimayuni (Harapan I)
5. Deswita Hrsha M (Harapan II)
6. Putri Santika Dewi (Harapan III)

Komentar