nusabali

Top, Rahmat Erwin Abdullah Tambah Perunggu untuk Indonesia

  • www.nusabali.com-top-rahmat-erwin-abdullah-tambah-perunggu-untuk-indonesia

TOKYO, NusaBali.com - Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menyumbangkan medali perunggu untuk Merah Putih dalam cabang angkat besi kelas 73kg Olimpiade Tokyo, Rabu (28/7/2021).

Rahmat berhak atas perunggu lewat total angkatan 342kg, dengan snatch 152kg dan clean and jerk 190kg, yang ia catatkan dalam pertandingan Grup B yang berlangsung lebih awal.

Sementara itu, medali emas menjadi milik lifter China Shin Zhiyong dengan total angkatan 364kg (snatch 166kg dan clean and jerk 198kg) yang sekaligus merupakan rekor baru dunia kelas 73kg putra.

Medali perak diraih oleh lifter Venezuela Mayora Pernia Julio Ruben dengan angkatan total 346kg (snatch 156kg dan clean and jerk 190kg).

Perolehan medali bagi Rahmat cukup mengejutkan, karena lifter asal Sulawesi Selatan ini hanya ditarget masuk delapan besar. Sebagai lifter yang tidak diunggulkan, pemuda 21 tahun ini juga berlomba dari Grup B yang digelar lebih awal. Hasilnya, Rahmat Erwin Abdullah mencatatkan angkatan terbaik di Grup B kelas 73kg.

Bersaing dengan empat lifter lain yang tergabung di Grup B, Rahmat membukukan total angkatan 342kg, dengan snatch 152kg dan clean and jerk 190kg.

Dan saat Grup A digelar, ternyata pencapaian total angkatannya di Grup B masuk tiga besar dari peringkat kombinasi kedua grup.

Sebelumnya pelatih sekaligus ayahnya, Erwin Abdullah, sudah menetapkan target yang realitis, yakni mencapai delapan besar Olimpiade Tokyo.  Menurut Erwin, target yang ditetapkan itu bukan tanpa alasan, mengingat Tokyo 2020 merupakan penampilan perdana Rahmat. Selain itu, persaingan kelas 73kg juga menurutnya sangat ketat.

Sembilan lifter tangguh di Grup A bersaing ketat memperebutkan medali sore ini. Lifter-lifter tersebut antara lain Bozhidar Dimitrov dari Bulgaria yang memiliki total angkatan 346kg (147kg snatch dan 189kg clean and jerk).

Selain itu, ada pula lifter tuan rumah Jepang, Miyamoto Masanori dengan total angkatan 335kg (150kg snatch dan 185kg clean and jerk ). Peserta lainnya adalah Cumming Jr dari Amerika Serikat yang memiliki total angkatan terbaik 343kg (155kg snatch dan 188kg clean and jerk).

Lifter China Shi Zhiyong, 27,  juga memasuki lomba dengan memiliki total angkatan terbaik 363kg (169kg snatch dan 194kg clean and jerk). 

Medali ini menjadi medali ketiga dari cabang angkat besi sekaligus bagi kontingen Merah Putih di Tokyo 2020. Sebelumnya Windy Cantika juga menyumbangkan medali perunggu di kelas 49kg, sedangkan Eko Yuli Irawan meraih perak di kelas 61kg. *ant

Komentar