nusabali

Tracing Cegah Penularan Covid-19 Dilakukan di Desa Siangan Gianyar

  • www.nusabali.com-tracing-cegah-penularan-covid-19-dilakukan-di-desa-siangan-gianyar

GIANYAR, NusaBali.com – Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, dan mencegah terjadinya klaster baru penularan Covid-19, berbagai upaya dilakukan oleh Polres Gianyar.

Mulai dari melakukan imbauan langsung kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, sosialisasi melalui media sosial, media online, media cetak dan elektronik, penyekatan lalu lintas, melaksanakan gerai vaksin presisi, dan berbagai operasi penertiban aturan di masa PPKM Darurat maupun PPKM lanjutan.

Pada Rabu (28/7/2021) Bhabinkamtibmas Desa Siangan, Gianyar, Aiptu I Kadek Sumerta, melaksanakan kegiatan tracing kepada sejumlah warga yang diduga melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan identitas yang dirahasiakan, guna melindungi privasi warga tersebut.

Adapun petugas tracing yang bertugas yakni terdiri dari empat orang tenaga kesehatan dari Puskesma Gianyar II, serta Bhabinkamtibmas Desa Siangan, bersama Bintara remaja serta Satgas PPKM Level Desa Siangan bersinergi dalam menangani kasus Covid-19, khususnya di Desa Siangan.

Aiptu Sumerta pun mengatakan bahwa nantinya seluruh sempel hasil pengambilan tes antigen, akan dibawa oleh petugas tracing yang selanjutnya akan di serahkan ke laboratorium Puskesmas Gianyar II, untuk diteliti lebih lanjut. “Jika hasilnya sudah diperoleh melalui uji lab, maka hal tersebut akan di sampaikan ke keluarga penerima tes antigen masing-masing, mudah-mudahan hasilnya negatif, jika positif maka warga tersebut wajib melakukan isoman,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Aiptu Sumerta turut menyampaikan kepada seluruh warga yang menjalani isolasi dan karantina mandiri, agar patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. “Seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari daerah berkerumun, mengurangi mobilitas keluar rumah dan mematuhi aturan pemerintah, sehingga terhindar dari penularan Covid-19,” pesannya kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri.

Selain itu Aiptu Sumerta pun berharap agar warga saling bersinergi, dalam menekan lonjakan kasus positif Covid-19 khususnya di Desa Siangan. “Selain penerapan prokes, hal yang terpenting lainnya adalah menaati aturan yang sedang berlaku, saat ini yakni aturan terkait PPKM level 4,” tegasnya.

Aiptu Sumerta pun lebih lanjut menerangkan bahwa, mengurangi mobilitas adalah satu satu upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19. “Maka dari itu, jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak, lebih baik jangan bepergian terlebih dahulu,” tutupnya.

Bagi warga yang sedang menjalani isoman pun diarahkan agar tidak khawatir dengan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, karena petugas Satgas Covid-19 desa setempat akan terus memonitor keadaan warga, serta memberikan bantuan kebutuhan pokok sehari-hari, yang berupa paket sembako. *rma

Komentar