nusabali

Pelamar CPNS dan PPPK di Denpasar 8.460 Orang

Akan Memperebutkan 1.292 Formasi yang Disediakan

  • www.nusabali.com-pelamar-cpns-dan-pppk-di-denpasar-8460-orang

DENPASAR, NusaBali
Pendaftaran CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kota Denpasar ditutup pada, Senin (26/7) pukul 23.59 Wita.

Jumlah pelamar untuk semua formasi sebanyak 8.460 orang. Dari jumlah tersebut nantinya akan diseleksi menjadi 1.292 orang yang akan lolos menempati formasi yang tersedia.

Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana saat dihubungi, Selasa (27/7) mengungkapkan pendaftar tersebut akan bersaing memperebutkan 1.292 formasi. Di mana 123 formasi CPNS dan 1.169 formasi PPPK. Sudiana mengatakan formasi CPNS tahun 2021 ini dibagi menjadi dua, yakni formasi umum dan formasi khusus.

Untuk formasi khusus diperuntukkan bagi lulusan terbaik, diaspora, dan disabilitas yang formasinya ditentukan Pemerintah Pusat. “Tahun ini Pemkot Denpasar dijatah sebanyak 123 Formasi CPNS yang tersebar di seluruh OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar. Untuk PPPK sebanyak 1.169 orang,” jelasnya.

Sudiana mengatakan sebelumnya mengajukan sebanyak 675 formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI. Namun, setelah dilakukan verifikasi yang diterima sebanyak 123 formasi. “Formasi yang dicari, yakni jurusan Ekonomi dan Akuntansi mulai dari SMK, D3, hingga S1. Untuk SMK hanya 1 orang,” ujarnya.

Sementara formasi yang paling banyak akan ditempatkan di Inspektorat sekitar 20 orang. Sisanya akan ditempatkan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemkot Denpasar. Menurut Sudiana, saat ini formasi CPNS yang tidak dicari adalah tenaga kesehatan, sebab tenaga kesehatan sudah dipenuhi di tahun 2019 lalu.

Pengajuan formasi tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).  “Kami ajukan formasi CPNS ini sesuai arahan Kemenpan-RB). Karena di tahun 2020 tidak ada pengajuan karena Covid-19, jadi kami ajukan sekaligus di tahun 2021. Sehingga jumlah pengajuan diakumulasi,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk formasi guru dipenuhi melalui pengadaan PPPK. “Kami ajukan sebanyak 1.200-an formasi, tapi yang diterima 1.169 formasi. Itu disesuaikan dengan kebutuhan guru yang ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” ujar Sudiana.

Guru ini akan ditempatkan di beberapa SD maupun SMP di Denpasar. Jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi rencananya akan dilakukan pada 2-3 Agustus 2021. Masa sanggah tanggal 4-6 Agustus, jawab sanggah tanggal 4-13 Agustus, serta pengumuman pasca sanggah tanggal 15 Agustus 2021. *mis

Komentar