nusabali

PPKM, Penyeberangan di Kusamba Landai

  • www.nusabali.com-ppkm-penyeberangan-di-kusamba-landai

SEMARAPURA, NusaBali
Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Banjar Bias, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan - Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, landai sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, 3 - 20 Juli, lanjut PPKM Level 4. Kondisi tersebut, antara lain tergambar pada Senin (26/7).

Rata-rata dalam sehari jumlah trip (penyeberangan) maksimal 3 kali, dengan kapasitas penumpang 70 persen. Sedangkan, saat sebelum PPKM Darurat, sehari bisa 5 - 7 trip. "Mungkin karena terjadi penyekatan, jumlah penumpang agak menurun," ujar salah seorang karyawan di Pelabuhan Banjar Bias.

Pantauan di lokasi, aktivitas penyeberangan didominasi warga lokal Nusa Penida, maupun warga luar yang hendak bersembahyang di beberapa pura di seberang Klungkung daratan itu. Ada juga kalangan pegawai yang berdinas. Sedangkan wisatawan masih sepi. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra mengatakan, saat PPKM Darurat memang membatasi trip maksimal 3 trip dengan kapasitas maksimal 70 persen. ‘’Jika PPKM Level 4 berakhir dan tak lagi ada PPKM level lain, maka jumlah trip pasti normal,’’ jelas pejabat asal Desa/Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini. 

Sucitra berharap, apa pun kondisinya, masyarakat yang menyeberang dan di kawasan pelabuhan, agar taat penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk memutus penyebaran Covid-19. Tentang penyekatan di pelabuhan, Sucitra menyebut kewenangan aparat terkait. Di antaranya, pemeriksaan tujuan ke Nusa Penida dan meminta memperlihatkan surat keterangan sudah divaksinasi. "Apabila belum divaksinasi, petugas menyediakan vaksinasi di pelabuhan Desa Kusamba," kata Sucitra. 7wan

Komentar