nusabali

Gotong-Royong Hadapi Pandemi, Komunitas Koalisi Sosial dan Pandan Madui Movement Bagikan Nasi Bungkus

  • www.nusabali.com-gotong-royong-hadapi-pandemi-komunitas-koalisi-sosial-dan-pandan-madui-movement-bagikan-nasi-bungkus

DENPASAR, NusaBali.com – Jiwa gotong royong menghadapi masalah pangan saat pandemi Covid-19 digaungkan oleh komunitas Koalisi Sosial dan Pandan Madui Movement dengan membagikan nasi bungkus, Minggu (25/7/21) sore.

AA Gde Dalem Wahyu Utama yang merupakan koordinator aksi gerakan sosial tersebut mengungkapkan, bahwa terdapat total sejumlah 320 nasi bungkus, beserta air mineral yang dibagikan kepada masyarakat yang melintas di Jl. MH. Thamrin, area bawah Denpasar Cineplex, Pasar Badung dan sekitarnya.

Tak hanya pembagian nasi bungkus, dua komunitas tersebut juga melakukan dukungan ekonomi kepada para pedagang, dengan membeli sejumlah nasi bungkus, yang didistribusikan kepada masyarakat yang melintas, maupun pedagang kecil. 

“Nasi bungkus yang dibagikan merupakan pembelian dari pedagang-pedagang kecil di sekitar lokasi kegiatan, sebagai wujud dukungan ekonomi,” ujar Dalem Wahyu.

Selain masalah perut lapar, dan roda perekonomian yang sulit berputar. Kegiatan sosial yang telah terlaksana tersebut, juga bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat para pedagang kecil dalam berjuang melewati masa pandemi, khususnya masa PPKM Darurat dan PPKM Level 3 dan 4. “Kegiatan sosial tersebut, juga sebagai media perangsang rasa kemanusiaan antar sesama, agar masyarakat saling bahu membahu melewati masa pandemi yang sulit ini,” tambah Dalem Wahyu.

Dalem Wahyu juga menjelaskan terkait dana yang digunakan, bahwa sebelum melaksanakan aksi sosial tersebut, Komunitas Koalisi Sosial dan Pandan Madui Movement melakukan bukaan donasi terlebih dahulu, dan Komunitas Koalisi Sosial pun berhasil mengumpulkan dana per tanggal 24 Juli 2021, sebesar Rp 1.721.000. “Selanjutnya kami berencana akan melaksanakan aksi sosial kembali karena donasi masih tersisa,” jelasnya.

Dalem Wahyu pun sangat berterima kasih, kepada para donatur yang sudah menyisihkan sebagian rezekinya dan berdonasi berupa uang tunai, nasi bungkus dan lain sebagainya. “Semoga melalui langkah kecil ini, masyarakat termotivasi untuk saling bantu satu sama lain, sehingga membuat masyarakat Bali bisa bangkit kembali menghadapi pandemi ini.

Dalem Wahyu di sela-sela kegiatan sosial, juga menghimbau para pedagang, maupun masyarakat agar selalu memperhatikan penerapan prokes di masa pandemi. “Selain aspek perut lapar dan ekonomi, aspek kesehatan juga merupakan hal utama yang patut diperhatikan,” tutupnya.

Perlu diketahui, Komunitas Koalisi Sosial merupakan sebuah wadah, sebagai bentuk respons terhadap situasi yang sedang terjadi di Bali yang dikemas dalam kegiatan sosial dengan konsep berbagi kebutuhan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pandan Madui Movement adalah sebuah gerakan penolak bala yang ada di Bali saat ini, gerakan Pandan Madui Movement memiliki sasaran memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu dalam segi ekonomi di tengah Pandemi Covid-19. *rma

Komentar