nusabali

Danramil Gianyar Bagikan Nasi 150 Bungkus Masakan Sendiri

  • www.nusabali.com-danramil-gianyar-bagikan-nasi-150-bungkus-masakan-sendiri

GIANYAR, NusaBali
Komandan Koramil 1616-01/Gianyar Kapten Inf Hengky Histoveri menyempatkan diri memasak nasi seminggu sekali.

Masakan Kapten Hengky dikemas menjadi 150 bungkus nasi kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat sekitar Gianyar.

Bahkan aksi sosial tersebut sudah dilakoninya sejak 5 tahun terakhir. Bedanya, dulu dibagikan untuk umat yang sedang beribadah. Kini melihat situasi pandemi Covid-19, Hengky keliling menyasar warga yang terdampak. Semisal tukang suun (sunggi barang belanjaan), tukang ojek, lansia maupun warga yang ditemukan kesulitan hanya sekadar untuk makan.

"Saya biasa keliling sendiri bawa sepeda motor bawa nasi. Pas di jalan kalau ketemu tukang suun, ojek atau siapa saja saya kasi," jelasnya di sela pembagian nasi bungkus di depan markas Koramil 1616-01/Gianyar, Jumat (23/7) kemarin.

Untuk menggugah kedatangan masyarakat, Kapten Hengky memasang spanduk bertuliskan ‘Nasi Bungkus Gratis’ tertempel di meja. Tampak dua spanduk ukuran kecil ditempel di kanan kiri plang Markas Koramil. Di atas meja, tersaji 50 nasi bungkus. "Ini saya sendirian tadi sama beberapa anggota masak. Bungkus juga sendiri," ujar Kapten Hengky.

Usai bungkus, nasi dibagikan di depan markas Koramil. Hengky mengaku urusan bagi nasi bungkus ini bukan baru pertama dia lakukan. "Kalau bagi nasi sih sudah lima tahun yang lalu. Bagi nasi, bagi sembako," ujar Hengky.

Dulu, sebelum pandemi, pembagian sembako dilakukan skala kecil. "Kalau dulu, ke masjid. Karena sekarang (sejak pandemi, red) masjid mulai dikurangi, jadi melebar sebaran nasinya," jelasnya.

Hengky merasa tidak repot meski harus berbagi secara rutin. "Saya tidak masalah, ini sukarela. Yang patut didoakan itu donatur. Semoga donatur saya diberikan kesehatan dan rezeki yang baik. Saya hanya penyalur saja," ungkapnya. Lanjut Hengky, upaya yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. "Ini sebagai bentuk kepedulian di saat pandemi Covid. Semoga bisa membantu," pintanya.

Aksi bagi sembako Jumat siang, juga diikuti oleh perusahaan advertising, Alam Bali. Termasuk dari Komunitas Jurnalis Gianyar (KJG).

"Hari ini, kebetulan kami gabung sama teman jurnalis Gianyar. Jurnalis bagikan sembako, kami nasinya," ungkapnya. Saat pembagian nasi dan sembako, tak lupa Hengky memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan. Bahkan, mengedukasi supaya pengendara yang dapat nasi mengenakan helm dan masker saat berkendara.*nvi

Komentar